Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Dikelas V

Penulis

  • Maifit Hendriani STKIP Adzkia
  • Cynthia Efna Deza Universitas Adzkia

DOI:

https://doi.org/10.59701/pdk.v6i1.232

Kata Kunci:

Modul, Problem Based Learning, Tematik Terpadu

Abstrak

Penelitian ini berdasarkan permasalahan yang ditemukan di kelas V yaitu modul digunakan kurang menarik, modul yang ada belum menggunakan salah satu model pembelajaran. Penggunaan modul yang masih jarang dilakukan oleh peserta didik karena adanya keterbatasan pendidik dalam membuat dan mengembangkan modul. Peneliti memilih mengembangkan modul berbasis PBL guna dapat membantu siswa dalam berpikir kritis, selain itu modul ini akan dinyatakan valid bila telah dinilai dan direvisi oleh validator. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul berbasis PBL pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V MIN 5 Pesisir Selatan yang telah dinilai dan dikoreksi oleh validator.Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disemination). Teknik penggumpulan data yang berupa lembar validasi yang akan dinilai oleh validator pada bidangnnya masing-masing. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul berbasis PBL yang dikembangkan sudah valid. Hal ini terbukti dari hasil perolehan skor lembar validasi oleh ahli materi diperoleh validator 1 sebesar 91,9 % dengan kriteria sangat valid, validator 2 sebesar 96,4 % dengan krieria sangat valid, skor lembar validasi bahasa diperoleh sebesar 86,1 % dengan kriteria valid dan skor lembar validasi desain diperoleh sebesar 88,46 % dengan kriteria valid.

Referensi

Abdullah, Ridwan Sani. 2017. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : PT Bumi Aksara

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Faisal. 2014. Sukses Mengawal Kurikulum 2013 di SD. Padang ( Teori dan Aplikasi ) : Dianra Creative

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Kurniawan. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik. Bandung: Alfabeta

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung :PT Remaja Rosdakarya

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-02