PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IV SDN 35 AMBACANG KAMBA
DOI:
https://doi.org/10.59701/pdk.v6i1.233Keywords:
Video Animasi Pembelajaran, Pembelajaran Tematik, Pendekatan SaintifikAbstract
This study was motivated by the importance of instructional media used by teachers in the learning process. The main objective is to develop an animated video-based thematic learning media for fourth-grade elementary students. This research is a type of Research and Development (R&D) using the ADDIE model, which includes analysis, design, development, implementation, and evaluation stages. The trial was conducted on nine fourth-grade students. Instruments used include validation sheets, practicality questionnaires for teachers and students, and effectiveness tests using daily assessment items. Validation results showed the animated video media was highly valid, with scores of 91% from the design expert, 100% from the content expert, and 97% from the language expert, with an overall average of 96%. The practicality score was 94% from teachers and 89% from students, both categorized as very practical. The effectiveness score was 89%, indicating high effectiveness. Therefore, the developed animated video media is highly valid, practical, and effective.
References
Afridzal, Aulia. 2018. “Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Media Gambar dan Video Animasi pada Materi Karangan Deskripsi di Kelas III SD Negeri 28 Banda Aceh”. Jurnal Tunas Bangsa, 5 (2) : 231-247
Aghni, Rizqi Ilyasa. 2018. “Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Akutansi”. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XVI (1) : 98-107.
Aidah, Siti Nur. 2020. Cara Efektif Penerapan Metode dan Model Pembelajaran. Jawa timur : KBM
Apriansyah, dkk. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta”. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 9 (1): 8-18
Fadhli, Muhibuddin. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar”. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3 (1)
Fahrurrozi,dkk. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis melalui Pendekatan Saintifik”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3 (2): 425-432
Kadir dan Asrohah. 2015. Pembelajaran Tematik. Jakarta : Rajawali Pers
Lestari, Endang Titik. 2020. Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish
Lubis, Maulana Arafat. 2018. Pembelajaran Tematik di SD/MI. Yogyakarta : Samudra Biru
Malawi dan Kardawati. 2014. Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). Jawa Timur : CV. AE Media Grafika
Maryani dan Fatmawati. 2018. Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish
Muhson, Ali. 2010. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknoogi Informasi”. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, VIII (2) : 1-10
Mulyaningsih, Endang. 2019. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta : Alfabeta
Nurdin dan Hartati. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya : Media Sahabat Cendekia
Pradana, Dian. dkk. 2020. “Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Subtema Pembentukan Karakter untuk Siswa SDLB Tunarungu”. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, 7 (2): 96-106
Prastowo, Andi. 2019. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta : Kencana
Rahmayanti dan Istianah. 2018. “Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Se-Gugus Sukodono Sidoarjo”. 6 (4): 429-439.
Rosyidatun, S. Eny. dkk. 2015. “Penggunaan Media Video Animasi Sistem Pernapasan Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi”. EDUSAINS, 7 (1) : 57-63
Sa’adah dan Wahyu. 2020. Metode Penelitian R&D (Research and Development). Malang : Literasi Nusantara
Sari, Novika Auliyana.dkk. 2018. “Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan, 3 (12) : 1572-1582
Siswoyo dan Retno. 2016. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Berbasis Quantum Learning Berdasarkan Pendekatan Saintifik”. 4 (1) : 33-43
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Utari, dkk. 2020. Efektivitas Model Explicit Intruction Menggunakan Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pembuatan Pola Busana Wanita. Jurnal Bosaparis: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Volume 11, Nomor 2.
Wijayanti. 2014. “Pengembangan Autentic Assesment Berbasis Proyek dengan Pendekatan Saintifik untuk Keterampilan Berfikir Ilmiah Mahasiswa”. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Volume 3, Nomor 2 hal 102-108
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Vivi Puspita, Rahma Yuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.