PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS IV SDN 35 AMBACANG KAMBA
DOI:
https://doi.org/10.59701/pdk.v6i1.233Kata Kunci:
Video Animasi Pembelajaran, Pembelajaran Tematik, PendekatanAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dalam proses pembelajaran. Tujuan utama dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran tematik berbasis video animasi di kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) dengan model ADDIE yaitu analisys, design, development, implementation and evaluation. Pada tahap implementation dilakukan uji coba terhadap sembilan orang siswa kelas IV Sekolah Dasar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar instrumen validasi media pembelajaran, instrumen praktikalitas yaitu berupa angket pendidik dan peserta didik dan efektivitas yaitu menggunakan soal yang di adaptasi dari penilaian harian peserta didik. Instrumen validasi digunakan untuk mengetahui keabsahan dari media pembelajaran tematik terpadu berbasis video animasi yang dirancang. Validasi dilakukan oleh ahli design, materi dan bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi pada pmeblajaran tematik berbasis pendekatan saintifik di kelas IV Sekolah Dasar sangat valid dengan skor validasi ahli design 91% dengan kategori sangat valid, validasi ahli materi dengan skor 100% dengan kategori sangat valid dan validasi ahli bahasa dengan skor 97% dengan kategori sangat valid, dan rata-rata nilai keseluruhan validasi yaitu dengan skor 96% (Sangat Valid). Untuk hasil Praktikalitas dari pendidik didapatkan nilai rata – rata 94% dengan kriteria penilaian Sangat Praktis, sedangkan untuk praktikalitas dari sembilan peserta didik mendapatkan nilai rata – rata 89% dengan kriteria Sangat Praktis. Untuk hasil Efektivitas mendapatkan nilai rata – rata 89% dengan kriteria sangat efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media video animasi pada pembelajaran tematik berbasis pendekatan saintifik di kelas IV Sekolah Dasar sudah sangat valid, praktis, dan efektif.
Referensi
Afridzal, Aulia. 2018. “Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Media Gambar dan Video Animasi pada Materi Karangan Deskripsi di Kelas III SD Negeri 28 Banda Aceh”. Jurnal Tunas Bangsa, 5 (2) : 231-247
Aghni, Rizqi Ilyasa. 2018. “Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Akutansi”. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XVI (1) : 98-107.
Aidah, Siti Nur. 2020. Cara Efektif Penerapan Metode dan Model Pembelajaran. Jawa timur : KBM
Apriansyah, dkk. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta”. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 9 (1): 8-18
Fadhli, Muhibuddin. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar”. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3 (1)
Fahrurrozi,dkk. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis melalui Pendekatan Saintifik”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3 (2): 425-432
Kadir dan Asrohah. 2015. Pembelajaran Tematik. Jakarta : Rajawali Pers
Lestari, Endang Titik. 2020. Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish
Lubis, Maulana Arafat. 2018. Pembelajaran Tematik di SD/MI. Yogyakarta : Samudra Biru
Malawi dan Kardawati. 2014. Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). Jawa Timur : CV. AE Media Grafika
Maryani dan Fatmawati. 2018. Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish
Muhson, Ali. 2010. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknoogi Informasi”. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, VIII (2) : 1-10
Mulyaningsih, Endang. 2019. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta : Alfabeta
Nurdin dan Hartati. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya : Media Sahabat Cendekia
Pradana, Dian. dkk. 2020. “Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Subtema Pembentukan Karakter untuk Siswa SDLB Tunarungu”. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, 7 (2): 96-106
Prastowo, Andi. 2019. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta : Kencana
Rahmayanti dan Istianah. 2018. “Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Se-Gugus Sukodono Sidoarjo”. 6 (4): 429-439.
Rosyidatun, S. Eny. dkk. 2015. “Penggunaan Media Video Animasi Sistem Pernapasan Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi”. EDUSAINS, 7 (1) : 57-63
Sa’adah dan Wahyu. 2020. Metode Penelitian R&D (Research and Development). Malang : Literasi Nusantara
Sari, Novika Auliyana.dkk. 2018. “Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan, 3 (12) : 1572-1582
Siswoyo dan Retno. 2016. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Berbasis Quantum Learning Berdasarkan Pendekatan Saintifik”. 4 (1) : 33-43
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Utari, dkk. 2020. Efektivitas Model Explicit Intruction Menggunakan Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pembuatan Pola Busana Wanita. Jurnal Bosaparis: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Volume 11, Nomor 2.
Wijayanti. 2014. “Pengembangan Autentic Assesment Berbasis Proyek dengan Pendekatan Saintifik untuk Keterampilan Berfikir Ilmiah Mahasiswa”. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Volume 3, Nomor 2 hal 102-108