Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59701/pdk.v6i1.244Kata Kunci:
Audio Visual Berbasis Discovery Learning.Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh media audio visual yang digunakan oleh sekolah belum sepenuhnya memotivasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan di sekolah masih berbentuk video yang di download dari youtube, dan belum memaksimalkan materi pembelajaran yang berfokus pada kreatifitas dan aktivitas peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran secara efektif. Berdasarkan hal tersebut dikembangkan media audio visual berbasis discovery learning di kelas IV SDN 12 Sungai Liku pada tema 4 berbagai pekerjaan, subtema 1 jenis-jenis pekerjaan pembelajaran 1, 2 dan 3. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media audio visual pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model discovery learning di kelas IV SDN 12 Sungai Liku. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan menggunakan model 4/D (define, design, development dan dissemination). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian pengembangan ini adalah lembar validasi, angket repon pendidik dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio visual menggunakan model discovery learning yang dikembangkan sudah valid dari ahli materi, bahasa, design. Pada aspek materi diperoleh nilai sebesar 84,32% dengan kriteria sangat valid, pada aspek design diperoleh nilai 96,87% dengan kriteria sangat valid, sedangkan pada aspek bahasa diperoleh nilai 89,28% dengan kriteria sangat valid, sedangkan pada aspek respon pendidik terhadap media audio visual diperoleh nilai sebesar 91% dengan kriteria sangat praktis dan respon peserta didik terhadap media audio visual diperoleh nilai 72% dengan kriteria praktis. Dengan demikian media audio visual di kelas IV SDN 12 Sungai Liku yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media belajar peserta didik.
Referensi
Achmad, Ryan,dkk. 2017. “Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan PeduliSosial Melalui Discovery Learning”. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2 (2) : 27-36.
Aghni, Rizqi Ilyasa. 2018. “Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Akuntansi”. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XVI (1) :98-107.
Alfarisi,dkk. 2021. “Pengembangan Media Audio Visual Materi Makna Garuda Pancasila untuk Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 8 (1) : 30-39.
Ampa,dkk. 2020. “Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva”. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12 (2) : 317-327.
Ananda, Rizki. “Penggunaan Media Audio Visual Untuk Memimgkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota”. Jurnal Basicedu, 1 (1) : 21-30.
Arisyanto,dkk. 2019. “Pengembangan Media Audio Visual Untuk Mendukung Pembelajaran Tematik Tema 7 Subtema 2”. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3 (3) : 216-222.
Budiningsih. 2011. “Karakteristik Siswa Sebagai Pijakan dalam Penelitian dan Metode Pembelajaran”. Cakrawala Pendidikan, No 11 Hal 160-173.
Dariyadi. 2016. “Penggunaan Software CamtasianStudio Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis ICT”. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 11, ISSN : 2540-9417 : 207-219.
Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas 5 SD”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8 (3) 273-284.
Nomleni dan Manu. 2018. “Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah”.Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8 ( 3) : 219-229.
Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA
Sahida, Desriani. 2020. Praktikalitas Handout Berbentuk Komik Fisika Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Ede Research Indonesia Institute For Corporate Learning and studies (IICLS). Vol 1, No 2
Sariyani,dkk. 2020. Belajar & Pembelajaran. Jawa Barat : Edu Publisher.
Suryadi, Ahmad. 2020. Teknologi dan Media Pembelajaran. Jawa Barat. Jejak.
Suryani,dkk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Susana,Afria. 2019. Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Multimedia Interaktif. Bandung : Tata Akbar.
Suyahman. 2019. Media Belajar Ppkn SD. Jawa Tengah : Anggota IKAPI.
Syafriatma dan Amini. 2021. “Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Adobe Flash CS6 Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas V SD”. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (1) 1127-1133.
Wimdarti. 2015. “Pengembangan Modul Pembelajaran Logika yang Memuat Pendidikan Karakter Untuk Siswa Kelas X SMK. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 10, No 1 Hal 106-116.
Yanti. 2021. “Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Plotagon dan Kinemaster dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD”. Jurnal Ilmiah, Vol 07, No 02 Hal 606-617.