EFEKTIVITAS PENERAPAN MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPASS SISWA SEKOLAH DASAR KELAS TINGGI SE-KECAMATAN NGAWI

Penulis

  • Ihsan Intania Universitas PGRI Madiun

Kata Kunci:

Mind Mapping, IPAS Learning, Elementary School

Abstrak

Penelitian ini menginvestigasi efektivitas penerapan mind mapping dalam pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar kelas tinggi di Kecamatan Ngawi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sejauh mana penggunaan mind mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep IPAS siswa. Metode penelitian yang digunakan meliputi uji validitas konstruk, Lawshe’s CVR, uji reliabilitas dengan rumus alpha Cronbach, dan pengujian hipotesis menggunakan skala Likert pada angket. Data dikumpulkan melalui angket yang disebarkan kepada guru SD di Kecamatan Ngawi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan mind mapping secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep IPAS, dengan nilai reliabilitas angket sebesar 0,8995 dan 91% responden menunjukkan persetujuan terhadap teknik ini. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa mind mapping dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan interaksi siswa dengan materi pembelajaran IPAS, melalui representasi visual yang memperkuat pemahaman konsep.

Referensi

Abduh, M., Alawiyah, T., Apriansyah, G., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Survey Design: Cross Sectional dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 31–39.

Agustina, M., & Apko, H. J. (2021). Kompetensi guru: Metode praktik dalam pembelajaran IPAS. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan, 8(1), 55–70.

Anshori, A. F. J., Priyasmika, R., & Purwanto, K. K. (2021). Hubungan kecerdasan spasial-visual dan prestasi belajar pada materi bentuk molekul. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan, 3(2), 102–107.

Budiman, S., & Suparjo, S. (2021). Manajemen Strategik Pendidikan Islam. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3). https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/2197

Dhika, H., & Destiawati, F. (2023). Penyuluhan Wondershare EdrawMax dalam Membuat Mind Map Pembelajaran. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 161–167.

Fathih, M. A. (2022). Meninjau Kembali Prinsip Dan Perencanaan Supervisi Pendidikan Sebagai Pengawasan Dalam Pendidikan Yang Bersifat Pembinaan. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 142–157.

Hatip, A., & Setiawan, W. (2021). Teori kognitif bruner dalam pembelajaran matematika. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87–97.

Ismaela, C., & Ramadhani, S. P. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Dengan Media Mind mapping Digital Di Sekolah Dasar. Vox Edukasi, 12(2), 549503.

Jala, W. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Visual dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa di Kelas IV SD Inp. Maulafa. Jurnal Pendidikan Refleksi, 13(1), 149–162.

Kustian, N. G. (2021). Penggunaan metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 30–37.

Kusumawati, D., & Delliana, S. (2024). BERBAGI KREATIVITAS VISUAL: PELATIHAN DASAR VIDEOGRAFI DAN EDITING UNTUK STAF HUBUNGAN MASYARAKAT MUSEUM BAHARI. BESIRU: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 79–119.

Maidiana, M. (2021). Penelitian survey. ALACRITY: Journal of Education, 20–29.

Meilina, D., Hanafiah, N. A., Fatmawan, A. R., Hamzah, M. Z., Ulimaz, A., & Priyantoro, D. E. (2024). Efektivitas Penggunaan Metode Mind mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran. Attractive: Innovative Education Journal, 6(1), 27–38.

Mitra, S. N., Qomariyah, S., & Rahmawati, S. (2023). Peran Metode Mind mapping Dalam Meningkatkan Berpikir Sistematis Pada Siswa Di SMP Islam Hegarmanah Sukabumi. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 84–103.

Muhardini, S., Haifaturrahmah, H., Sudarwo, R., Kartiani, B. S., Anam, K., Mahsup, M., Khosiah, K., Ibrahim, I., Herianto, A., & Sabaryati, J. (2023). Pengembangan Modul Ajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPASS) Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas IV dalam Kerangka Kurikulum Merdeka. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 9(1), 182–186.

Muntamah, M., Roshayanti, F., & Hayat, M. S. (2023). Potensi Penerapan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada Pembelajaran Projek IPASS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) di SMK. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 4(1), 77–83.

Pinatih, S. A. C., & Putra, D. K. N. S. (2021). Pengembangan media komik digital berbasis pendekatan saintifik pada muatan IPAS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 115–121.

Pranoto, I., Ediantes, E., & Siahaan, V. D. (2023). Filsafat Pendidikan Sebagai Konsep Pengembangan Kurikulum Pendidikan Seni Di Indonesia. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 307–317.

Pratiwi, E. M., Gunawan, G., & Ermiana, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPAS Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 381–386.

Priyandana, I. W. P., Dibia, I. K., & Ujianti, P. R. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Melalui Media Pembelajaran Mind mapping Berbantuan Aplikasi Edraw Mindmaster. Mimbar PGSD Undiksha, 9(2), 287–294.

Pujiani, E., & Wathon, A. (2023). Upaya Mengembangkan Akhlakul Karimah Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Dan Media Audio Visual. Sistim Informasi Manajemen, 6(1), 73–95.

Rahmawati, R. B., Ardianti, S. D., & Rondli, W. S. (2023). Model pembelajaran kooperatif tipe Mind Maping berbantuan media manipulatif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 560–566.

Ruamba, M. Y., Dwijayanto, D., & Mariani, S. (2022). Studi Literatur Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Jurnal Wahana Pendidikan, 9(2), 97–106.

Saesari, A. A. I., Untari, M. F. A., & Nuvitalia, D. (2023). Analisis Metode Bermain Peran Terhadap Keterampilan Berkomunikasi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPASs) Kelas Iv Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4561–4570.

Saputra, I. M. A. S., Agustiana, I. G. A. T., & Dharmayanti, P. A. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Mind mapping Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 11(1), 41–47.

Sari, R., Sumarmi, S., Astina, I., Utomo, D., & Ridhwan, R. (2021). Increasing students critical thinking skills and learning motivation using inquiry mind map. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 16(3), 4–19.

Sukarata, I. G. A., Yudiana, K., & Rati, N. W. (2023). Media Pembelajaran Mind mapping Berbantuan Edraw Mindmaster pada Pembelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 14801–14813.

Taib, M. (2021). Pembelajaran IPAS Berbasis Mind mapping dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, Komunikatif, dan Kolaboratif. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(2), 465–486.

Tatipang, D., Oroh, E. Z., & Liando, N. V. (2021). THE APPLICATION OF MIND MAPPING TECHNIQUE TO INCREASE STUDENTS’READING COMPREHENSION AT THE SEVENTH GRADE OF SMP. KOMPETENSI, 1(03), 389–397.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-03