PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS AL-QUR'AN: KAJIAN KONSEP ULUL ALBAB PADA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.59701/pdk.v6i2.260Kata Kunci:
Al-Qur’an, Pendidikan Darakter, Ulul AlbabAbstrak
Penelitian ini mengkaji penerapan konsep Ulul Albab dalam pendidikan karakter berbasis Al-Qur'an di sekolah dasar. Ulul Albab mengacu pada individu dengan keseimbangan kecerdasan intelektual, spiritual, dan emosional. Metode penelitian ini adalah literature review yang menganalisis berbagai sumber terkait konsep Ulul Albab dan pendidikan karakter Islami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep ini dapat diintegrasikan dalam kurikulum melalui pendekatan holistik dan nilai-nilai Al-Qur'an, meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan variasi pemahaman konsep. Namun, terdapat peluang pengembangan melalui materi ajar komprehensif, kerjasama antar sekolah, dan pelatihan guru. Pendidikan karakter berbasis Ulul Albab berpotensi memperkuat pembentukan karakter siswa sesuai nilai-nilai Islam.
Referensi
Ab Rahim, N. M. Z., Saari, Z., Mohamad, A. M., Rashid, M. H., & Norzilan, N. I. M. (2022). Konsep Ulul Albab dalam Al-Quran dan hubungannya dengan pembelajaran kursus Sains, Teknologi dan Manusia di UTM Kuala Lumpur. Firdaus Journal, 2(2), 72–78.
Abdurrohman, M. F., & Mayasari, D. (2021). Penatalaksanaan Occupational Disesase ec Tinea Pedis Pada Supir Truk dengan Pendekatan Holistik. MEDULA, medicalprofession journal of lampung university, 11(1), 145–150.
Adoe, Y. S., & Sembodo, J. (2021). Peranan Keluarga Menurut Amsal 22: 6 Dalam Pembentukan Karakter Anak. Miktab: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani, 1(1), 52–61.
Ahmadi, A., Warsah, I., & Ristianti, D. H. (2024). Upaya Pengembangan Kecerdasan Emosional Melalui Bimbingan Pribadi Dan Sosial Pada Siswa SMP Islam Ulul Albab Lubuklinggau [PhD Thesis, Pascasarjana IAIN Curup]. http://e-theses.iaincurup.ac.id/6023/
Anjani, K. T., Rufaidah, A., & Suharyati, H. (2023). Integrasi filosofi esensialisme dalam kurikulum merdeka. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 6(2), 354–365.
Annur, Y. F., Yuriska, R., & Arditasari, S. T. (2021). Pendidikan Karakter dan Etika dalam pendidikan. Prosiding seminar nasional program pascasarjana universitas pgri palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5688
Arfah, M., & Wantini, W. (2023). Perundungan di Pesantren: Fenomena Sosial pada Pendidikan Islam:(Studi Pada Pesantren Ulul Albab Tarakan). Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 12(2), 234–252.
Arifin, I., Haidi, R. F., & Dzalhaqi, M. (2021). Penerapan computer vision menggunakan metode deep learning pada perspektif generasi ulul albab. Jurnal Teknologi Terpadu, 7(2), 98–107.
Astuti, W., & Watini, S. (2021). Implementasi Pendidikan Al-Qur’an pada Anak Usia Dini dengan Metode Muroja’ah. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 86–95.
Budiarti, R. P. N., Magfira, D. B., Meutia, N. S., & Ghofirin, M. (2022). Peningkatan Digitalisasi Melalui Pembuatan Website di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Haqq Sidoarjo. Khaira Ummah, 1(02), 129–136.
Cahyani, N. P. (2023). Terapi Musik: Mengoptimalkan Pengobatan Tradisional dengan Pendekatan Holistik pada Remaja. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(06), 452–461.
Dewi, R. R., Suresman, E., & Suabuana, C. (2021). Pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan karakter di persekolahan. ASANKA: journal of social science and education, 2(1), 71–84.
Dewi, S. R., & Yusri, F. (2023). Kecerdasan emosi pada remaja. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 65–71.
Firdaus, D. H. (2021). Ulul Albab Perspektif Al-Qur’an (Kajian Maudlu’iy dan Integrasi Agama Dan Sains). Ats-Tsaqofi: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 3(1), 97–114.
Hadi, S., Pranajaya, S. A., & Juhairiah, J. (2023). Optimization of Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA)" Darul Muhajirin" in BORNEO SKM Housing, Samarinda City. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 4(2), 427–439.
Halim, A., Zamroni, A., Ahdi, W., & Shobirin, M. S. (2022). Pembelajaran Al-Qur’an di Taman Pendidikan al-Qur’an Roudlotul Tholabah Dusun Jemparing Desa Pakel. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 50–54.
Hamida, N. S., & Mustofa, T. A. (2023). Peran Guru PAI dalam Pendidikan Al-Qur’an pada Penyandang Disabilitas Tunanetra. Journal on Education, 6(1), 6379–6388.
Insani, G. N., Dewi, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8153–8160.
Kurniawaty, I., Purwati, P., & Faiz, A. (2022). Penguatan pendidikan karakter cinta tanah air. Jurnal Education and development, 10(3), 496–498.
Kusumawati, I. (2024). Integrasi Kurikulum Pesantren Dalam Kurikulum Nasional Pada Pondok Pesantren Modern. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 2(01), 1–7.
Latifah, N., & Sholihin, M. (2021). Tahsin Al-Qur’an dengan Metode Bani Lathif di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Ta’lim, 3(01), 58–67.
Maitrianti, C. (2021). Hubungan antara kecerdasan intrapersonal dengan kecerdasan emosional. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 291–305.
Mantra, I. B. N., Pramerta, I. G. P. A., Arsana, A. A. P., Puspadewi, K. R., & Wedasuwari, I. A. M. (2022). Persepsi guru terhadap pentingnya pelatihan pengembangan dan pelaksanaan kurikulum merdeka. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(5), 6313–6318.
Mualif, A. (2022). Pendidikan karakter dalam khazanah pendidikan. Jedchem (Journal Education And Chemistry), 4(1), 29–37.
Nagus, P. M., Mustofa, A., & Albab, U. (2023). An Analysis of the Quality of Service Provided by Sayang Warga Application in the Sukolilo District Office, Surabaya. International Journal of Scientific Multidisciplinary Research, 1(8), 999–1012.
Nani, D. A., & Mukaroh, E. N. (2021). Pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan. Revenue: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(1), 27–50.
Nasikhin, N., Ghofur, A., Rokhmadi, R., & Albab, U. (2022). Islamic Educational Thought: Zakiyah Darajat’s Perspective. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 8(2), 95–107.
Permata, I., Asbari, M., & Aprilia, M. (2024). Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional dalam Perspektif Neurosains di Dunia Pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 60–64.
Purnomo, E. (2022). Kurikulum Badan Koordinasi Taman Pendidikan Al-Qur’an Untuk Pendidikan Anak Di Kota Semarang. Qouman: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(1), 20–27.
Puspytasari, H. H. (2022). Peran keluarga dalam pendidikan karakter bagi anak. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 1–10.
Ratnasari, S. L., Sari, W. N., Siregar, Y., Susanti, E. N., & Sutjahjo, G. (2022). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa di Kota Batam. Proceeding of National Conference on Accounting & Finance, 440–448. https://journal.uii.ac.id/NCAF/article/view/22319
Ritonga, M. S. (2022). Implementasi paradigma wahdatul ‘ulum dengan pendekatan transdisipliner untuk menghasilkan karakter ulul albab pada lulusan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Journal of Social Research, 1(4), 743–749.
Rohman, A. A., Nugroho, R. A., & Mufliq, A. (2023). Sistem Informasi Manajemen Taman Pendidikan Al-Qur’an Menggunakan Metode Agile. Nusantara Computer and Design Review, 1(1), 9–16.
Sarkowi, S. (2023). Buku ajar ilmu pendidikan islam pendekatan integrasi Ulul Albab. CV Mahata (Magna Raharja Tama). http://repository.uin-malang.ac.id/17541/
Sukatin, S., Munawwaroh, S., Emilia, E., & Sulistyowati, S. (2023). Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Anwarul, 3(5), 1044–1054.
Usrina, N. (2021). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Gaya Komunikasi Santri Taman Pendidikan Al-Qur’an Ar-Risalah [PhD Thesis, UIN Ar-Raniry]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17227/
Utama, D. S. (2024). Ulul Albab: The Concept of Perfect Intelligence in Islam: Theoretical Review and Application in Islamic Psychology. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 5(07), 1727–1737.
Wahyudi, T. (2021). Penguatan Literasi Digital Generasi Muda Muslim dalam Kerangka Konsep Ulul Albab. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 161–178.
Wiguna, I. B. A. A. (2021). Pelatihan Dan Pengembangan Keterampilan Mengajar Guru Pendidikan Anak Usia Dini. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 533–539.
Yunita, Y., & Mujib, A. (2021). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam. TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 78–90.