PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FUN THINKERS BOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU IV SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Dilla Elsa Adrian
  • Ismira Universitas Adzkia

Kata Kunci:

Fun Thinkers Book, Tematik Terpadu, Validitas, Praktikalitas, Efektivitas

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan dimana pendidik masih banyak yang belum menggunakan media pada saat proses belajar mengajar, adapun media pembelajaran hanya menggunakan gambar yang ada pada buku peserta didik sehingga peserta didik kurang termotivasi, materi yang disampaikan kurang dipahami dan berdampak pada hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development/ R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang terdiri atas tahap pendefenisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), dan tahap penyebarluasan (Dissimination). Hasil penelitian pengembangan media Fun Thinkers Book dengan 3 orang validator, 1 orang pendidik dan 18 orang peserta didik. Penelitian menujukkan validitas media berada pada kritaria “Sangat Valid” dengan rata-rata hasil validasi sebesar 83%. Praktikalitas media berada pada kriteria “Sangat Praktis” dengan rata-rata hasil praktikalitas 93,95%. Efektivitas mendapatkan presentase 91% dengan kriteria penilaian “Sangat Efektif”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Fun Thinkers Book untuk peserta didik kelas IV Sekolah Dasar yang peneliti kembangkan sudah valid, praktis dan efektif.

Referensi

Fitroh, Arlina. Dkk. Pengembangan Media Fun Thinkers Book (FTB) Pada Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Kelas IV SD. STKIP PGRI Sidoarjo.

Krismadinata, dkk. 2021. Pengembangan Training Kit Pada Mata Pelajaran Mengoperasikan Sistem Kendali Elektronik. Vol. 18, No. 1 : 92-93.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Rosdakarya Offset.

Riani, Rindiana Putri. dkk. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Tematik “Fun Thinkers Book” Tema Berbagai Pekerjaan Fakultal Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. Jurnal Sinektik Volume 2 Nomor 2. 2019.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Winarni, Endang Widi. 2018. Teori dan Praktek Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Jakarta: Bumi Aksara.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-03