IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI KELAS V MI NURUL UMMAH SAMPIT DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

Keywords:

Pembelajaran Daring; Tematik, Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran daring dan kendala dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran tematik di kelas V MI Nurul Ummah Sampit di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah guru dan siswa kelas V. Objek penelitian adalah pembelajaran daring pada mata pelajaran Tematik di kelas V. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Adapun pengabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik, analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa Pada proses pembelajaran daring guru berpedoman pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan silabus. RPP yang digunakan sesuai dengan keadaan darurat Covid-19 pada saat ini, yang mana isi dari rencana pelaksanaan pembelajaran tersebut lebih sedikit dibandingkan rencana pelaksanaan pembelajaran pada pembelajaran langsung yang memang banyak muatan di dalamnya. Guru melaksanakan pembelajaran secara daring melalui dua aplikasi yaitu Whatsapp dan E-Learning. Kendala ada pada fasilitas untuk menunjang pembelajaran daring tersebut. Seperti tidak mempunyai handphone, jaringan lemah, perekonomian orang tua yang kurang dan guru belum terlalu menguasai aplikasi untuk pembelajaran daring.

Kata Kunci:   Pembelajaran Daring; Tematik, Covid-19

References

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Daheri, M., Juliana, Deriwanto, & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). Pengaruh Penggunaan E-Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 66. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2645
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. In digilib.uinsgd.ac.id. http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/
Mali, T. R. (2020). Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada RPP Dan Evaluasi Pembelajaran Tematik Kelas V Di Salah Satu SD Kabupaten Sleman [Universitas Sanata Dharma Yogyakarta]. In repository.usd.ac.id. https://repository.usd.ac.id/37628/2/151134130_full.pdf
Maryono, M. (2017). Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 72–89. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6819
Napsawati. (2020). Analisis Situasi Pembelajaran IPA Fisika dengan Metode Daring di Tengah Wabah Covid-19. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(1), 6–12. http://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/546
Ningrum, L. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik yang Memperoleh E-Learning Rumah Belajar dengan Pembelajaran melalui WhatsApp di SD. https://fkip.unpas.ac.id/
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.
Pratiwi, R. K., & Widagdo, A. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik pada Kelas Awal di Sekolah Dasar. In Joyful Learning Journal (Vol. 6, Issue 4). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj
Putria, H., & Hamdani Maula, L. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. PT Raja Grafindo Persada.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214 – 224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Salahuddin, A. (2011). Filsafat Pendidikan. CV. Pustaka Setia.
Sanjaya, R. (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. Universitas Katolik Soegijapranata.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Yazdi, M. (2012). E-Learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. In Jurnal Ilmiah Foristek (Vol. 2, Issue 1). http://www.yazdilabs.net

Additional Files

Published

2020-08-01