PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA CMAPTOOLS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF
Kata Kunci:
PBL, Cmaptools, Media, KognitifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan peningkatan kemampuan kognitif antara kelompok siswa yang mendapatkan pembelajaran berbasis masalah dengan media cmaptools, dan kelompok siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain Randomized Control Group Pretest-Posttest dan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan meliputi: tes kemampuan kognitif. Peningkatan kemampuan kognitif ditentukan melalui rata-rata N-gain. Hasil perhitungan rata-rata N-gain diperoleh bahwa rata-rata kelompok N-gain siswa yang mendapatkan pembelajaran berbasis masalah dengan cmaptools adalah 0,63 (kategori sedang), sedangkan rata-rata kelompok N-gain siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional adalah 0,49 (kategori sedang). Hasil uji statistik (uji-t) menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah dengan cmaptools dapat lebih meningkatkan kemampuan kognitif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional