Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Karakter pada Tema 2 Subtema 2 di Kelas I Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59701/pdk.v6i2.307Kata Kunci:
Pengembangan, Modul, Tematik Terpadu, Karakter.Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji validitas, praktikalitas, serta efektivitas modul pembelajaran tematik terpadu berbasis karakter pada Tema 2 Subtema 2 di kelas I SDN 11 Tanjung Medan. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang mencakup analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil validasi oleh ahli desain, bahasa, materi, satu guru, dan 20 siswa menunjukkan tingkat validitas sebesar 78,89% (Valid). Uji praktikalitas memperoleh hasil 83% dari guru dan 82,28% dari siswa (Sangat Praktis). Uji efektivitas menunjukkan persentase 87,5% dari guru dan 75,5% dari siswa (Efektif). Dengan demikian, modul yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
Referensi
Amini dan Yati, 2020. “Pengembangan Bahan Ajar dengan Oendekatan Cooperative Learning Tipe Turnamen Pada Siswa Kelas IV SD”. Jurnal Basicedu, 4(1) 163-165.
Andriono, Eko. 2019. Mudahnya Mengisi Nilai dan Rapor Kurikulum 2013 dengan Si Nidra. Kalimantan Barat : PGRI Prov Kalbar.
Angko Nancy, dkk. 2013. “Pengembangan Bahan Ajar dengan Model ADDIE Untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya”. Jurnal Kwangsan, 1(4) 11-18
Arum, Tia Sekar. 2016. “Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Sub Tema Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem Pendekatan Saintifik Untuk Kelas 5 SD”. Jurnal Scholaria, 6(3) 242-244.
Azizah, dkk. 2020. Pengembangan Modul Pratikum Serli (Discovery Learning) Untuk Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Vol. 7, No. 1 : 53-64.
Abdi, Gloria Pirena, dkk. 2012. “Pengembangan Modul Tematik Berbasis Karakter Tema 6 Cita-Citaku”. 11(1) 5-6.
Febrianshari, dkk. (2018). “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembuatan Dompet Punch Zaman Now”. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD. 6(1) 92-94
Fitriyani, dkk. 2020. “Analisis Kebutuhan Pembelajaran Bermuatan Nilai-Nilai Karakter Islmi Pada Materi Fisika:. Jurnal Prosding NSFK, E-ISSN:2548-8325/P-ISSN 2548-8317 : 81.
Halimah, Leli. 2017. Keterampilan Mengajar Sebagai Inspirasi Untuk Menjadi Guru Yang Excellent di Abad Ke-21. Bandung : PT Refika Aditama.
Hutama. 2016. “Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Nilai Budaya Asing Untuk Siswa Sekolah Dasar”. 5,(2) 115-116.
Krismadinata, dkk. 2021. “Pengembangan Training Kit Pada Mata Pelajaran Mengoperasikan Sistem Kendali Elektronik”. 18(1) 92-93.
Malawi, Ibadullah. 2017. Pembelajaran Tematik. Jawa Timur : CV Media Grafik.
Najwah. 2020. Modul Elektronik : Prosedur Penyusunan dan Aplikasi. Jakarta : Yayasan Kita Menulis.
Nurul Annisa, Miftah, dkk. 2020. “Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Zaman Serba Digital”. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2 (1) 37-41.
Putra, Dharum Bagus Pratama. 2018. “Pengembangan Modul Berbasis Kompetensi Pada Mata Kuliah Statistika Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas Hasyim Asy’ari. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika”. 2(2) 60.
Purwahida Rahma 2018. “Problematika Pengembangan Modul pembelajaran Baca Tulis Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia”. 2(1) 127-137.
Rizqi Adhi Pratama Mochamad, Nur Intan Rochmawati. Pengembangan Modul Matematika Untuk Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri Wujil 01 Bergas. 306-316.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Rusmana, Adistia Oktafiani, dkk. 2019. “Penerapan Pendidikan Karakter di SD”. Jurnal Eduscience, 4(2) 76-77.
Sari, Nawal Sartika. 2020. “Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Untuk Melatih Literasi Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika”. 1(1) 21.
Saputri, Maria Edistianda Eka. 2019. “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi”. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2) : 152.
Sugiono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung : Alfabeta.
Suniasih, Ni Wayan. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Neurosains Bermuatan Pendidikan Karakter dengan Model Inkuiri. Jurnal Mimbar Ilmu”. 24(3) 425.
Widyaningrum, Retno. 2012. “Model Pembelajaran Tematik di MI/SD”. Jurnal Cendekia, 10(1) 110.
Yaumi, Muhammad. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta : Prenadamedia Group.
Yustiana, Sari. Rida Fironika. “Kusumadewi. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis CTL Sebagai Bagian Dari Pengembangan SSP”. Jurnal Kontekstual, 1(2) 1-6.