PROFESIONALISME KERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SUTERA

Penulis

  • Elvira Angguni Nursaf
  • Ismira Universitas Adzkia

DOI:

https://doi.org/10.59701/pdk.v6i2.309

Kata Kunci:

profesionalisme, guru, sekolah dasar

Abstrak

Profesionalisme kerja guru meliputi pengetahuan, sikap moral dan keterampilan dalam menjalankan tugasnya menjadi hal yang sangat penting ditingkatkan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Profesionalisme Kerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Sutera khususnya di Sekolah Dasar 07 Sikabu Munto dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan alat pengumpul data berupa lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Kompetensi yang diteliti meliputi kompetensi kepribadian, profesional, pedagogik dan sosial. Hasil penelitian menunjukkan profesionalisme guru pada aspek kompetensi kepribadian “kurang memuaskan”, hal ini terlihat pada tingkat kedispilinan guru dalam mematuhi aturan Sekolah. Profesionalisme guru pada aspek profesional “kurang memuaskan”, hal ini terlihat, pada saat menjelaskan pembelajaran, guru tergantung pada buku. Profesionalisme guru pada aspek kompetensi pedagogik khususnya pada sub aspek kualitas mengajar “memuaskan” namun masih “belum memuaskan” pada sub aspek pemanfaatan dan penggunakan media. Profesionalisme guru pada aspek kompetensi sosial “belum memuaskan”, hal ini terlihat pada indikator kemampuan berkomunikasi kurang efektif dengan semua masyarakat sekolah.

Referensi

Ariyani, Rika. 2017. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru. Jurnal Al-Afkar Vol. V, No. 1. [Diakses: 29 Maret 2021 15:01].

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

Husaini, Rusdiana. 2018. Pembinaan Profesionalisme Guru. Jurnal Tarbiyah Islamiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, Volume 8 no 2. [Diakses: 29 Maret 2021 15:08].

Kunandar. 2011. Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP dan Sukses dalam Sartifikasi Guru). Jakarta: Rajawali Pers.

Lubis, Sarmadhan. 2017. Peningkatan Profesionalisme Guru PAI Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG). Jurnal Al. Thariqah Vol. 2, No. 2. [Diakses: 29 Maret 2021 15:08].

Moleong. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2020. Andragogi. Jurnal Pendidikan Islam, VOL. 2, NO. 1. [Diakses: 27 Maret 2021 12:40].

Nurhadi, Ali. 2017. Profesi Keguruan (Menuju Pembentukan Guru Profesional). Jawa Barat: Goresan Pena.

Nurkholis, M Anwar dan Badawi. 2019. Profesionalisme Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Universitas PGRI Palembang. [Diakses: 29 Maret 2021 15:07]

Rattu, Jan A. 2017. Profesionalisme Guru Dalam Pemerintahan Daerah. Jurnal Civic Education, Vol 1 No 2. [Diakses: 27 Maret 2021 11:56].

Rahmawati Rika. 2020. Hubungan Antara Profesionalisme Guru Terhadap Minat Belajar Siswa SD Negeri 02 Muara Jaya. Metro: Institut Agama Islam Negeri. [Diakses: 27 Maret 2021 12:47].

Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung: Alfabeta

Rusman. 2018. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Depok: Rajawali Pers.

Suhandani, Deni dan Julia. 2014. Identifikasi Kompetensi Guru Sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Kabupaten Sumedang (Kajian pada Kompetensi Pedagogik). Mimbar Sekolah Dasar, Volume 1 Nomor 2. [Diakses: 24 April 2021 21:12].

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah B. 2010. Profesi Kependidikan (Problema, solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia). Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, Moh Uzer. 2016. Mejadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Zuyadaini. 2012. Perkembangan Profesional Guru dan Reformasi Kependidikan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, Vol. 12 No.3. [29 Maret 2021 15:11]

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-05