Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan PPT di Kelas V SD Negeri 15 Pasar Lakitan Kecamatan Lengayang

Penulis

  • Warnita Ceni
  • Hendrizal Universitas Adzkia

DOI:

https://doi.org/10.59701/pdk.v6i2.311

Kata Kunci:

hasil belajar, tematik terpadu, problem based learning, power point

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 15 Pasar Lakitan Kecamatan Lengayang yang belum berjalan optimal. Peserta didik masih pasif dalam bertanya, kurang terbiasa memecahkan masalah, serta jarang melakukan diskusi kelompok dan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan PowerPoint. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 24 peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi, dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar, dengan perencanaan pembelajaran meningkat dari 65% pada siklus I menjadi 75% pada siklus II, serta pelaksanaan pembelajaran meningkat dari 67% menjadi 79,1%.

Referensi

Anugrah Muhammad. 2019. Penelitian Tindakan Kelas (Langkah-Langkah Praktis Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas). Yogyakarta: PT. Leutika Nouvalitera

Aryati. 2020. Inovasi Pembelajaran Matematika Di Sd (Problem Based Learning Berbasis Scaffoiding Pemodelan Dan Komunikasi Matematis). Yogyakarta: Rajawali

Basjaruddin, Noor Cholis. 2015. Pembelajaran Mekatronika Berbasis Proyek. Yogyakarta: Deepublish

Dewi, Ratna. 2015. Pengaruh Penggunaan PowerPoint dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Volume 2. Nomor 1. Hlm 92

Faisal. 2014. Sukses Mengawal Kurikulum 2013 di SD (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Diandra Creative

Hanafi, Abdul Halim. 2017. Metodelogi Penelitian Kependidikan Untuk Penulis Skripsi, Tesis, Disertasi. Bandung: Hakim Publishing

Hasibuan, Irwitadia. 2015. “Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar di Kelas VII SMP”. Volume 4. Nomor 1. Hlm 6

Huriah Titih. 2018. Metode Student Center Learning. Jakarta: Rawamangun

Husamah, dkk. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah

Hobri, Dkk. 2018. Senang Belajar Matematika. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan

Johar, Rahmah Dan Hanum, Latifa. 2021. Strategi Belajar Mengajar: Untuk Menjadi Guru Yang Profesional. Aceh: Syiah Kuala University Press

Kadaruddin. 2018. Mahir Desaian Slide Presentasi Dan Multimedia Pembelajaran Berbasis Powerpoint. Yogyakarta: Rajawali

Lubis, Maulana Arafat dan Azizan Nashran. 2020. Pembelajaran Tematik SD/MI. Jakarta: Prenada Media

Malawi dan Kadarwati. 2017. Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). Solo: Magetan

Nurrtita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Volume 3. Nomor 1. Hlm 175

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-05