Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan PPT di Kelas V SD Negeri 15 Pasar Lakitan Kecamatan Lengayang
DOI:
https://doi.org/10.59701/pdk.v6i2.311Kata Kunci:
hasil belajar, tematik terpadu, problem based learning, power pointAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 15 Pasar Lakitan Kecamatan Lengayang yang belum berjalan optimal. Peserta didik masih pasif dalam bertanya, kurang terbiasa memecahkan masalah, serta jarang melakukan diskusi kelompok dan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan PowerPoint. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 24 peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi, dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar, dengan perencanaan pembelajaran meningkat dari 65% pada siklus I menjadi 75% pada siklus II, serta pelaksanaan pembelajaran meningkat dari 67% menjadi 79,1%.
Referensi
Anugrah Muhammad. 2019. Penelitian Tindakan Kelas (Langkah-Langkah Praktis Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas). Yogyakarta: PT. Leutika Nouvalitera
Aryati. 2020. Inovasi Pembelajaran Matematika Di Sd (Problem Based Learning Berbasis Scaffoiding Pemodelan Dan Komunikasi Matematis). Yogyakarta: Rajawali
Basjaruddin, Noor Cholis. 2015. Pembelajaran Mekatronika Berbasis Proyek. Yogyakarta: Deepublish
Dewi, Ratna. 2015. Pengaruh Penggunaan PowerPoint dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Volume 2. Nomor 1. Hlm 92
Faisal. 2014. Sukses Mengawal Kurikulum 2013 di SD (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Diandra Creative
Hanafi, Abdul Halim. 2017. Metodelogi Penelitian Kependidikan Untuk Penulis Skripsi, Tesis, Disertasi. Bandung: Hakim Publishing
Hasibuan, Irwitadia. 2015. “Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar di Kelas VII SMP”. Volume 4. Nomor 1. Hlm 6
Huriah Titih. 2018. Metode Student Center Learning. Jakarta: Rawamangun
Husamah, dkk. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah
Hobri, Dkk. 2018. Senang Belajar Matematika. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan
Johar, Rahmah Dan Hanum, Latifa. 2021. Strategi Belajar Mengajar: Untuk Menjadi Guru Yang Profesional. Aceh: Syiah Kuala University Press
Kadaruddin. 2018. Mahir Desaian Slide Presentasi Dan Multimedia Pembelajaran Berbasis Powerpoint. Yogyakarta: Rajawali
Lubis, Maulana Arafat dan Azizan Nashran. 2020. Pembelajaran Tematik SD/MI. Jakarta: Prenada Media
Malawi dan Kadarwati. 2017. Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). Solo: Magetan
Nurrtita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Volume 3. Nomor 1. Hlm 175