Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 47 Koto Lamo Kabupaten Pesisir Selatan
DOI:
https://doi.org/10.59701/pdk.v6i2.341Abstrak
Keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 47 Koto Lamo masih rendah akibat kurangnya bimbingan guru dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keterampilan menulis narasi melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran tematik terpadu pada tahap prapenulisan, penulisan, dan pasca penulisan. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari 16 siswa kelas IV SDN 47 Koto Lamo. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dari siklus I dengan persentase 58,6% (kategori kurang) menjadi 92,5% (kategori sangat baik) pada siklus II. Kesimpulannya, penerapan model PBL efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa pada pembelajaran tematik terpadu.
Referensi
Agustin, Tuti. dkk. 2020. Kita Menulis : Merdeka Menulis. Yogyakarta: Yayasan Kita Menulis.
Anggito, Albi dan Johan Setiawa. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.
Arianti, Yetti. dkk. 2020. Model Penilaian Kelas Online Pada Pembelajaran Matematika. Sleman : Deepublish.
Assegaf, Asrani, dkk. 2016. Upaya Peningkatan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Program Studi Pendidikan Menajemen Perkantoran, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia : jurnal Pendidikan Manajemen dan Perkantoran Vol, 1 No 1 diakses pada tanggal 22 April 2021 09:09.
Dalman. 2015. Penulisan Populer. Depok : PT. Raja Grafindo Persa.
Desyandri.2017. Keterampilan Menulis Narasi Dengan Media Gambar Animasi.Vol 1 No 1
Hidayat ,Ahamad.2021. Menulis Narasi Kreaktif Model Project Based Learning Dan Insrumental Teori Dan Praktek Di Sekolah Dasar. Rajawali. CV Budi Utama.
Indriani, Fitri. 2015. Kompetensi Pedagogik Mahasiswa dalam Mengelola Pemelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013Pada Pengajarn Mikro di PGSD UG Yogyakarta. PGSD FKIP Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta : jurnal Profesi Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 2 diakses pada tanggal 23 April 2021 09:27.
Indra, Novi. 2018. Cara Penulisan Karya Ilmiah dalam Bahasa Indnesia. Yogyakarta : Gadjah Mada Unipersity Press.
Mahmud. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis dengan Teknik RCG (Reka Cerita Gambar) Pada Siswa Kelas VI SDN Rengkak Kecamatan Kopang, Kabupaten. Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol. 1 No. 2, diakses pada tanggal 20 April 2021 09:50.
Nugraheni, Sri Aninditya. 2019. Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Berbasis Pembelajaran Aktif. Jakarta: Prenadamedia Group.
Simatupang, Halim dan Dirga Purnama. 2019. Hondbook Best Practice Strategi Belajar Mengajar. Surabaya : CV. Pustaka Media Guru.
Simarmarta, Jenner. 2019. Kita Menulis. Yogyakarta: Yayasan Kita Menulis.
Slam, Zaenul. 2019. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Pasaruan, Jawa Barat : CV Penerbit Qiara Media.
Supardi. 2015. Peningkatan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Mengenal Alat Indra Manusia Melalui Pendekatan Problem Based Learning Pada Siswa Kelas IV SD. Banjarsari Surakarta : Jurnal Imiah diakses pada tanggal 24 April 2021 12:33.
Sobri. 2018. Menulis Ilmiah. Surabaya : CV. Jakad Publishing Surabaya.
Taufina dan Muhammadi. 2011. Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Suka Bina Press
Prastowo, Andi. 2019. Analisi Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta : Kencana.
Zabuen, Try Gunawan. 2020. Studi Literatur Problem Based Learning Untuk Masalah Motivasi Bagi Siswa Dalam Belajar Matematika. Gunungsitoli: Guepedia Group.