PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN NHT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU

Authors

  • Sisy Angrayeni STKIP Adzkia
  • Sry Apfani, M.Pd
  • Maifit Hedriani, M.Pd

Abstract

Masalah dalam penelitian ini dilator belakangi dengan penggunaan bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) kelas IV di Sekolah Dasar. Penelitian ini membahas tentang penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dalam menghasilkan produk lembar kerja peserta didik (LKPD) untuk kelas IV Sekolah Dasar pada Tema 9 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Ada 4 tahapan dalam penelitian ini yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Hasil penelitian menunjukkan kevalidan LKPD berbasis Numbered Head Together (NHT) pada subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar yang telah dikembangkan dengan rata-rata persentase kevalidan 89,7%  yang berarti bahwa LKPD berbasis Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia sangat valid. Dari aspek bahasa diperoleh persentase kevalidannya 94,2% dengankriteriasangat valid”, Desain 82,4% dengan kriteriavaliddan Materi 92,5% dengankriteriasangat valid. Persentase rata- rata dari ketiga aspek tersebut yaitu 89,7 % dengan kriteria “valid”.

References

Aunurrahman.2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Andi, Prastowo. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta:Diva Pres
Apfani, Sry. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Membaca Berorientasi Kooperatif Tipe CIRC Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Vol.2, No.1, ISSN 25793403.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas..
Fathurrohman, Muhammad.2015. Model-model Pembelajaraan Inovatif. Depok : Ar-Ruzz Media.
Hartini, dkk. 2016. Pengembangan LKS Berbasis Saintifik untuk Menumbuhkan Karakter Ilmia Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Fakultas Ilmu Pendiidkan Universitas Negeri Malang. Vol.25, No.1
Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan metode pembelajaran kreatif dan berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia
Hanafiah, N., & Suhana, C. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Huda, Miftahul. 2014. Model-model pengajaran dan pembelajaran isu-isu metodis dan paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka pelajar
Kemendikbud. 2015. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 tahun 2015 SMA/MA Mata Pelajaran Kimia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung:Remaja Rosdakarya.
Ngainin, Nurul. 2018. Pengembangan Buku Ajar IPA Berbasis Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Islam Assalam Malang. Dalam Skripsi. Universitas Islam Negeri Malang.
Panjaitan Lenni, dkk. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Melalui Model Numbered Head Together (NHT) Pada Mata Pelajaran IPA Biologi Kelas VII SMP Negeri 3 Samarinda Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi FKIP. Universitas Mulawarman Samarinda.
Saputri, Lola Ineli. 2015. Pengembangan Modul dengan Tampilan Majalah Dalam Pembelajaran Biologi Materi Ekosistem Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Ranah Pesisir. ejurnal.Ibunghatta.ac.id.Vol 4,No 5.
Surani, Endang. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Representasi Ganda Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Dalam Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Yogyakarta.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. 2016. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sari, Kurnia Puspita. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education Pada Pembelajaran Matematika Materi Volum Kubus dan Balok Untuk Siswa Kelas V SD Negeri 55 Air Pacah. Sarjana Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bung Hatta.
Trianto. 2009. Mendasain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Widodo, Slamet. 2017. Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di SD. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Vol.26 No.2 ISSN 25407694.
Zumbratal, dkk. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi Problem Based Learning Pada Materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi Di SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UniversitasJambi.

Additional Files

Published

2020-08-01