Bentuk-bentuk Pembinaan Motivasi Siswa dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar

Authors

  • Hendrizal Stkip Adzkia

Abstract

Peran seorang guru dalam proses pembelajaran memiliki peran yang sangat penting. Peran, tugas dan tanggungjawab tersebut merupakan sessuatu yang melekat pada profesi guru.Tugas utama dan terpenting yang menjadi tanggung jawab seorang guru adalah memajukan, merangsang dan membimbing pelajar dalam proses pembelajaran. Guru yang sukses dalam menjalankan tugasnya adalah guru yang mampu memotivasi siswanya dalam proses pempelajaran. Kesuksesan seorang guru dalam proses pembelajaran, seorang guru harus berusaha memahami bagaimana bentuk-bentuk pembinaan motivasi siswa itu sendiri dan mengembangkan serta menggerakkan motivasi belajar siswa ke tahap yang maksimum.

Temuan penelitian ini mengungkapkan empat bentuk pembinaan motivasi motivasi siswa dalam proses pembelajaran di sekolah dasar yaitu: memberikan penghargaan dan celaan, persaingan atau kompetisi, pemberian hadiah dan pemberitahuan tentang kemajuan belajar.

References

Hamalik, Oemar. (2000). Psikologi belajar dan mengajar. Bandung: Sinar Baru Algasindo.
Hasibuan, Malayu S. P. (1996). Organisasi dan motivasi dasar peningkatan produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara.
Hersey, Paul. And Kenneth. Blanchard. (1982). Management of organizational behavior: utilizing human resource. Englewood Cliffs, N.T: Prentice-Hall.
Kartini, Kartono. (1991). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Rajawai Pers.
Prayitno, Elida. (1989). Motivasi dalam belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Dikti.
Sardiman, A.M. (2001). Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. Jakarta: Raja Grafindi Persada.
Siswanto, Bedjo. (1990). Manajemen modern konsep dan aplikasi. Bandung: Sinar Baru.
Thoha, Miftah. (1989). Administrasi kepegawaian daerah. Jakarta: Ghalia Indonesia
Wahjosumidjo. (1999). Kepemimpinan kepala. Jakarta: Rajwali Pers.
Wijono.(1989). Adminisrasi Pendidikan. Bandung: Angkasa
Winardi. (1986). Asas-Asas Manajemen. Bandung: Penerbit Alumni Bandung.

Additional Files

Published

2020-08-01