PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN KARTU ANGKA DI TK IT ADZKIA III KURANJI KOTA PADANG
Kata Kunci:
Peningkatan, Kognitif Anak, Kartu AngkaAbstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kognitif anak di TK IT Adzkia III Kuranji Kota Padang. Berdasarkan pengamatan perkembangan kognitif kurang maksimal, mengalami hambatan dan belum berkembang sesuai dengan tahap perkembangan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kognitif anak dalam menunjukkan lambang bilangan 1-20 dan menghubungkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai 20 melalui kegiatan bermain kartu angka pada perencanaan, pelaksanaan dan penilaian.
Jenis penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek seluruh anak kelas B Masjidil Aqsa di TK IT Adzkia III Kuranji Kota Padang tahun ajaran 2016/2017. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan terlihat diantaranya kegiatan bermain kartu angka dalam menunjukkan lambang bilangan 1-20 pada pra tindakan 20% lanjut ke siklus I dengan hasil 46%, pada siklus II dengan hasil 86%. Sedangkan kemampuan dalam menghubungkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai 20 pada pra tindakan 13% lanjut ke siklus I dengan hasil 53% pada siklus II dengan hasil 80%. Maka pada penelitian ini dapat disimpulkan kegiatan bermain kartu angka dapat meningkatkan kognitif anak