ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PKN DENGAN DI KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sasmi N Stkip Adzkia
  • Marhamah
  • Haniya Murel

Abstract

Pembelajaran adalah proses interaksi antara guru dengan siswa, baik itu tatap muka di dalam kelas ataupun di luar kelas, penggunaan media pembelajaran dapat membantu memudahkan guru dalam proses pembelajaran dan guru juga bisa menentukan seperti apa model pelaksaan pembelajaran yang akan diterapkan.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pair check terhadap pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran pkn dengan di kelas tinggi sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research), dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang literer yaitu dengan mengumpulkan bahan-bahan pustaka yang berkesinambungan dengan objek pembahas dan yang diteliti, kemudian menentukan tujuan penggambaran, mengidentifikasi bukti-bukti konseptual, meresuksi data, menganalisa dan menafsirkan data. Hasil penelitian menunjukkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check berpengaruh terhadap pemahaman konsep peserta didik yaitu penafsiran. Kesimpulan, pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe pair check dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Pemahaman Konsep, Model  Pembelajaran, Pair Check, Pembelajaran PKn

Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Model  Pembelajaran, Pair Check, Pembelajaran PKn

 

References

[1] Rahayu Setiani dkk, ARICESA As An Alternatif Learning Model To Improve Learning Motivation And Understanding of Student Concepts, Vol 12, No 2. 2019. INnternational Journal of Intruction. h. 384
[2] Wayan Raditya dkk, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Gugus Letda Made Putra Kecamatan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 3, No 1, 2015. h. 2
[3] Miftachus Sururoh dkk, Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar, Vol 3, No 11. 2018. Jurnal Pendidikan. h. 1449
[4] Syahroni Ejin, Pengaruh Model Problem Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN Jambu Hilir Baluti 2 Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, Jurnal Pendidikan, Vol 1, No 1, 2016, h. 65
[5] Jamil Suprihatiningrum, Strategi Pembelajaran: Teori Dan Aplikasi (Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA, 2016). h. 141-145
[6] Surarto Hadi and Maidatina Kasum Umi, Pemahaman Konsep MAtematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan (Pair Checks), Vol 3, No 1. 2015. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika. h. 60
[7] Diah Triwulandari, Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Tipe Pair Check, Vol 5, No 1, 2017. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. h. 101-102\
[8] A. Muri Yusuf, Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan, (Jakarta: Prenada Media Group, 2014),h. 329
[9] Pedoman Penulisan Karya Ilmiyah: Tugas Akhir, Skripsi & Disertasi, (Padang, IAIN IB Padang, 2014), h. 48
[10] Mestika Zed, Metodologi Penelitian Kepustakaan, (Jakarta, Yayasan Obor Indonesia, 2004), h. 89
[11] Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendikitan Praktik,(Jakarta: Rineka Cipta, 2006),h. 129

Additional Files

Published

2021-01-28