Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TGT Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di Kelas V Sekolah Dasar
Abstrak
ABSTRACT Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 35 Parak Karakah Kota Padang. Hal ini disebabkan dalam proses pembelajaran belum menuntut siswa untuk berfikir kritirs dan bekerjasama dalam kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 35 Parak Karakah Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design dengan rancangan Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 35 Parak Karakah Kota Padang sebanyak 2 kelas (44 orang). Teknik pengambilan sampel dilakukan adalah total sampling dimana semua populasi dijadikan sampel, sehingga diperoleh kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 15 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan uji-t dan menunjukkan thitung = 95,65 dan ttabel = 1,682 dengan db = 42 (n1+n2-2 = 23+21-2= 42), dimana thitung lebih besar dari pada ttabel dengan demikian H0 ditolak H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan model Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDN 35 Parak Karakah Kota Padang pada tahun ajaran 2018/2019.
Referensi
Asma, Nur. 2008. Model Pembelajaran Kooperatif. Padang: Unp Press.
Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Creswell, John W. 2012. Education Research, Planning, Conducting and Quantitative and Qualitative Research. Publication Data.
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdayama, Jumanta. 2014. Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran Dan Pemebelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hanafiah, Nanang dan Suhana Cucu. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Adirama.
Isjoni. 2011. Cooperative Learning. Bandung: Alfabet.
Isjoni. 2012. Pembelajaran Kooperatif. Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sapriya, dkk. 2006. Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajara IPS. Bandung:Upi Press.
Sapriya, dkk. 2007. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: Upi Press.
Sapriya. 2012. Pendidikan IPS. Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sardijiyo, dkk. 2008. Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Saud, Udin, Syaefuddin dkk. 2006. Pembelajaran Terpadu. Bandung: Upi Press.
Shoimin, Aris. 2014. Model Pemebelajaran Inovatif. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.
Solihatin, Etin dan Raharjo. 2009. Cooperative Learning. Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Supriatna, Nana dkk. 2007. Pendidikan IPS di SD. Bandung: Upi Press.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Jawa Timur : Masmedia Media Buana Pustaka.
Taniredja, Tukiran,dkk. 2011. Model- Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.