PENGARUH STRATEGI SQ4R TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SEKILAS DI SEKOLAH DASAR
PENGARUH STRATEGI SQ4R TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SEKILAS DI SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Pengaruh, Strategi SQ4R, Membaca SekilasAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang berkaitan dengan rendahnya keterampilan membaca sekilas siswa. Hal ini terlihat pada minat siswa dalam membaca, masih ada beberapa siswa yang belum paham dengan tanda baca, siswa masih kurang tepat menjawab sebagian pertanyaan yang berhubungan dengan isi bacaan, siswa sulit memahami isi teks, hal tersebut dikarenakan keterampilan membaca sekilas masih rendah, dan siswa kurang termotivasi untuk membaca teks dengan cara membaca sekilas, dikarenakan keterampilan membaca sekilas masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi SQ4R terhadap keterampilan membaca sekilas di kelas V SDN 35 Parak Karakah Kota Padang.
Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen menggunakan Quasy Experiment Design dengan rancangan The Nonequivalent Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester II SDN 35 Parak Karakah Kota Padang yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 45 orang. Kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan strategi Survey, Question, Read, Reflect, Recite And Review (SQ4R) terhadap keterampilan membaca sekilas sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil pengujian terhadap data dari kelas sampel yaitu berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan uji-t menunjukkan thitung= 3,625 dan ttabel= 1, 68107,dimana thitung lebih besar dari pada ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima dengan kesimpulan bahwa “keterampilan membaca sekilas yang menggunakan strategi Survey Question Read Reflect Recite dan Review (SQ4R) lebih berpengaruh dari pada tanpa menggunakan strategi Survey Question Read Reflect Recite dan Review (SQ4R) di kelas V SDN 24 Kalumbuk, Kota Padang” pada tahun pelajaran 2018/2019.
Referensi
Alex dan Achmad. 2011. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Azlina, Nur. 2014. Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, Record, And Review (SQ4R) Pada Materi Aritmetika Sosial Di Kelas VII SMPN 1 Driyorejo Gresik. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. No 3 Volume 3.
Cahyani, Isah dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Emzir. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ermanto. 2008. Keterampilan Membaca Cerdas. Padang: UNP Press.
Gunarsa, M.D., dkk. 2018. Pengaruh Strategi SQ4R Berbantuan Satua Bali Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. No 1 Volume 6.
Meliyawati. 2016. Pemahaman Dasar Membaca. Yogyakarta: CV Budi Utama
Mikha, A.W. 2013. Statistika Terapan: Konsep & Aplikasi SPSS dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi & Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Nafi’ah, Siti Anisatun. 2018: Model-model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.
Nurhadi. 2004. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Quthb, Sayyid. 2006. Tafsir Fi-Zhilalil Qur’an. Jakarta: Robbani Press.
Rahayu, I.W., dkk. 2014. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SQ4R Berbasis Keterampilan Proses Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus Letkol Wisnu. Denpasar: Universitas Pendidikan Ganesa. No 1 Volume 2.
Rahim, Farida. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Rasjid, Yusniar. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Record, And Review (SQ4R) dengan Metode Talking Stick Terhadap Keterampulan Metakognisi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMAN 9 Makassar. Makassar: Pendidikan Biologi PMIPA STKIP-PI Makassar. No 1 Volume 3.
Safaruddin. 2018. Efektivitas Metode Survey, Question, Read, Recite, Reflect, Review dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman untuk Anak Berkesulitan Belajar. Padang: Universitas Negeri Padang. No 2 Volume 2.
Septriantna, Nana. 2007. Pendidikan IPS di SD. Bandung : UNP Press.
Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Supardi. 2013. Aplikasi Statiska dalam Penelitian Konsep Statiska yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.
Taufina. 2015. Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra Indonesia DI SD. Padang: Sukabina Press.
Taufina. 2016. Mozaik Keterampilan Berbahasa di Sekolah Dasar. Bandung: CV.Angkasa.
Taufina dan Faisal. 2016. Mozaik Penilaian Pembelajaran Bahasa dan Apresiasi Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Bandung: CV. Angkasa.
Yusuf, Muri A. 2007. Metodologi Penelitian. Padang: UNP Press.