ANALISIS DAYA PEMBEDA SOAL OPEN BOOK DI MASA PANDEMI MATA KULIAH STATISTIKA PENDIDIKAN

Penulis

  • Khairul azmi STKIP ADZKIA
  • Sri Novia Martin

Kata Kunci:

: Daya Pembeda soal, Analisis Butir Soal, Statistika Pendidikan

Abstrak

Selama pandemi pembelajaran mahasiswa STKIP Adzkia dilakukan secara daring. Tipe soal yang diberikan kepada mahasiswa berbeda dengan sebelum pandemi. Dimasa Pandemi Soal-soal diberikan dengan metode open book.  Metode open book juga mempengaruhi soal-soal yang diberikan kepada mahasiswa. Soal tersebut bukanlah soal tipe C.1 dan C.2 pada taksonomi bloom yang jawabannya mudah mereka temukan di internet atau referensi yang ada. Soal-soal tersebut haruslah soal-soal yang meminta jawaban yang membutuhkan argumentasi dari mahasiswa. Soal–soal ini tentu juga perlu dilakukan pengkajian secara mendalam apakah soal ini mampu membedakan kemampuan Mahasiswa secara tepat dan akurat. Jika soal tersebut mampu membedakan kemampuan mahasiswa seberapa akurat soal tersebut mampu membedakan kemampuan Mahasiswa.  Sejauh mana kualitas soal dalam membedakan kemampuan mahasiswa ? Setelah dilakukan analisis diperoleh dari 8 item soal, terdapat 5 item soal yang valid dan reliabel. Dan kelima soal tersebut dianalis diperoleh bahwa ke-5 item soal adalah soal dengan daya pembeda tergolong baik.

 

Referensi

[1] Septiana,Nurul.2016. analisis butir soal Ulangan Akhir Semester (UAS) Biologi tahun pelajaran 2015/2016 kelas X dan XI pada MAN SAMPIT. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 4(2), ISSN 2338-4387.
[2] Susanto,Heri.,Rinaldi,Achi.,& Novalia. 2015. Analisis Reabilitas, Validitas, tingkat Kesukaran, dan daya Pembeda Pada butir soal Uian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika.Al-jabar-Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 203-217.
[3] Fitrianawati,Meita.2017. Peran analisis butir soal Guna Meningkatkan Kualitas Butir soal, Kompetensi guru dan Hasil belajar Peserta Didik. Proseding Seminar Nasinal Pendidikan.ISBN 978-602-70471-2-9.

File Tambahan

Diterbitkan

2021-08-10