THE EFFECT OF CTL APPROACH ON SCIENCE LEARNING OUTCOMES IN STUDENTS OF CLASS V SDN 09 AIR PACAH CITY OF PADANG

Penulis

  • sry apfani stkip adzkia
  • Fadhlil Azhim

Kata Kunci:

PENDEKATAN CTL, HASIL BELAJAR IPA

Abstrak

Latar belakang masalah pada penelitian guru belum menggunakan pendekatan Contextual Teaching & Learning dalam pembelajaran. Pada pembelajaran guru masih cenderung verbalisme, dalam proses pembelajaran belum terlihat menarik, serta hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan Contextual Teaching & Learning terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan materi penyesuaian diri tumbuhan di kelas V SDN 09 Air Pacah Kota Padang .

Penelitian ini merupakan penelitian jenis Quasi Eksperimental Design dengan rancangan Posttest-Only-Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 09 Air Pacah Kota Padang yang mana kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan contextual teaching & learning sedangkan kelas VB sebagai kelas control dengan menggunakan pembelajaran konvensional atau tanpa menggunakan pendekatan Contextual Teaching & Learning. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu berupa tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 15 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t.

Berdasarkan hasil pengujian normalitas dan homogenitas terhadap data yang diperoleh dari kelompok eksperimen dan kelompok control berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya di lakukan uji hipotesis dengan uji-t dan menunjukkan thitung = 2,553. dan ttabel = 1,680 dengan db = (n1 + n2) – 2 = 23 + 23 - 2 = 44 dan taraf signifikan 5%. Berdasarkan pengujian thitung > ttabel ( > 1,680) maka H0 ditolak dan  H1 diterima dengan kesimpulan, “pendekatan contextual teaching & learning memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi penyesuaian diri tumbuhan Kelas V SDN 09 Air Pacah Kota Padang tahun ajaran 2018/2019”.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
________. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Aunurahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas..
Hamalik, Oemar. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Jihad, Asep. 2012. Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta:Multi pressindo.
Kunandar. 2011. Guru Profesional ImplementasiKurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Partisipasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Komalasari, Kokom. 2015. Pembelajaran Kontekstual; Konsep dan Aplikasi. Bandung:Refika Aditama.
Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta:
Mediakom.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembang Profesional Guru. Jakarta:Raja Wali Pers.
Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta:Permata Puri Media
Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran. Jakarta:Kencana
Suyono dan Hariyanto. 2017. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung. Remaja Rosdakarya

______. 2013. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung. Remaja Rosdakarya

Susanto. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Sudjana, Nana.2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung : RemajaRosdakarya.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. 2004. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Taufik, Taufina dan Muhammadi. 2012. Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Sukabina Press.

Trianto.2010 .Mendesain Model Pembelajaran Inovasif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.
Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowati. 2014. Metodolodi Pembelajaran IPA. Jakarta : Bumi Aksara.

File Tambahan

Diterbitkan

2021-08-10