RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN
Abstrak
Motivasi diartikan sebagai keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa untuk melakukan serangkaian kegiatan belajar guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Motivasi siswa dapat timbul dari dalam diri individu (motivasi intrinsik) dan dapat timbul dari luar diri siswa/motivasi ekstrinsik. Temuan penelitian menujukan rendahnya motivasi belajar siswa diantaranya adalah sebagai berikut: 1) Metode dan cara-cara mengajar guru yang monoton dan tidak menyenangkan, 2) Tujuan kurikulum dan pengajaran yang tidak jelas, 3) Tidak adanya relevansi kurikulum dengan kebutuhan dan minat siswa, 4) Latar belakang ekonomi dan sosial budaya siswa, 5) Sebagian besar siswa yang berekonomi lemah tidak mempunyai motivasi yang kuat untuk belajar dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 6) Kemajuan teknologi dan informasi, 7) Merasa kurang mampu terhadap mata pelajaran tertentu, seperti matematika, dan bahasa Inggris dan 7) Masalah pribadi siswa baik dengan orang tua, teman maupun dengan lingkungan sekitarnya
Referensi
Majid,Abdul (2008). Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Prayitno. (2009). Dasar teori dan praksis pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Usman, Uzer. (2008). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Wlodsowski R.J & Jaynes J.H. (2004). Hasrat Untuk Belajar. Jogjakarta: Pustaka Pelajar