PERSPEKTIF KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DALAM ORGANISASI

Authors

  • Hendrizal Stkip Adzkia

Abstract

Kepemimpinan merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk mempengaruhi orang lain dalam sebuah kelompok atau organiasasi untuk setuju dan memahami segala sesuatu yang harus dikerjakan dengan tujuan yang telah ditetapkan. Pada hal ini proses memengaruhi dapat berbentuk memotivasi, memberi dukungan, penguatan, memberikan tanggung jawab atau apapun agar dalam kelompok ataupun organisasi tersebut dapat bekerja sama dengan baik. Lembaga pendidikan seperti perguruan tinggi ataupun sekolah merupakan organisasi, yang di dalamnya ada sekumpulan orang mulai dari dosen atau guru, siswa, serta ada tujuan yang ingin dicapai dari sekolah ataupun perguruan tinggi tersebut. Temuan penelitian ini mengungkapkan kepemimpinan sebagai sistem memiliki pengaruh antara subsiten dan sumsiten yang lainya. Kepemimpinan dan pengembangan organisasi akan menciptakan putaran roda organisasi yang semakin dinamis, terarah dan terencana secara baik. Selanjutnya setiap orang yang berinteraksi dengan pendidikan, dapat dikatakan sebagai pemimpin pendidikan Keberhasilan pengembangan dibidang pendidikan, sebagian besar ditentukan oleh kualitas kepemimpinannya.

References

Indrafachrudi, Soekarto, Drs..1997. Mengantar Bagaimana Memimpin Sekolah yang Baik. Jakarta:Ghalia Indonesia

Pidarta, Made. 1995. Peranan Kepala Sekolah pada Pendidikan Dasar. Jakarta:Grasindo

Reksohadiprodjo, Sukanto dan T. Hani Handoko, 1994. Organisasi Perusahaan, Yogyakarta:BPFE.

Siagian, Sondang P, Prof.DR. M.P.A. 1989. Fungsi-fungsi Manajerial. . Jakarta:Bina Aksara

Yasin, Aziz. 2001. Kepemimpinan dalam Pengembangan Organisasi.. Makalah pada Lintasan Ekonomi Volume XVIII Nomor 1, Januari 2001

Additional Files

Published

2019-08-25