PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PLANTET QUESTION PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV SDN 02 PASAR BUKIT TAPAN

Authors

  • Lusi Permitasari STKIP Adzkia

Keywords:

Peserta didik, Plantet Question, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dibelatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.Dari hasil observasi yang telah peneliti lakukan diperoleh informasi bahwa pendidik kurang melakukan aktivitas tanya jawab sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran, seperti kurangnya aktivitas tanya jawab dan kurangnya keberanian peserta didik untuk mengemukakan pendapat atau pertanyaan serta motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran cukup rendah. Hal ini menyebabkan peneliti tertarik untuk memperbaiki hasil pembelajaran tematik terpadu menggunakan model plantet question. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan model plantet question di kelas IV SDN 02 Pasar Bukit Tapan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini  dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah  pendidik dan peserta didik kelas IV SDN 02 Pasar Bukit Tapan berjumlah 22 orang peserta didik. Instrumen penelitianya adalah lembar observasi, lembar tes dan dokumentasi.

Hasil penelitian siklus I adalah sebagai berikut: rata-rata penilaian RPP siklus I adalah 69,5% dengan kategori cukup. Pada siklus II meningkat menjadi 80,5% dengan kategori sangat baik. Pada pengamatan aktivitas pendidik siklus I 66% dengan kategori cukup. Pada siklus II meningkat menjadi 78% dengan kategori baik. Pengamatan aktivitas peserta didik siklus I adalah 66% dengan kategori cukup. Pada siklus II meningkat menjadi 75% dengan kategori baik. Penilaian hasil belajar peserta didik pada siklus I adalah 64,5% dengan kategori cukup. Pada siklus II meningkat menjadi 78% dengan kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model plantet question dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu peserta didik kelas IV SDN 02 Pasar Bukit Tapan.

Additional Files

Published

2020-05-22