PENGGUNAAN MEDIA KONKRET DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Maifit Hendriani STKIP Adzkia

Abstrak

 

 

Abstrak

Proses pembelajaran adalah proses yang di dalamnya terdapat kegiatan interaksi antara guru dan siswa serta komunikasi timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sarana dan fasilitas yang digunakan dalam proses pembelajaran sangat mempengaruhi hasil belajar, salah satunya media pembelajaran. Penggunaan media konkret di dalam proses belajar mengajar dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media konkret terhadap pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif untuk menggambarkan penggunaan media konkret terhadap pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku dan jurnal penelitian yang sudah dipublish. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan dokumetasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media konkret dalam pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar dapat mendukung hasil pembelajaran siswa sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Siswa pada Sekolah Dasar berada pada tahap  berpikir konkret, dimana pola pikir mereka akan cendrung menangkap sesuatu yang bersifat konkret atau nyata. Dengan adanya media konkret siswa tidak hanya mampu memahami konsep-konsep dalam pembelajaran Matematika, akan tetapi juga mampu untuk berpikir secara kritis dan logis dalam menghadapi pembelajaran.

Kata Kunci: Media Konkret, Matematika

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta..
Misyanto. 2016. Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika, (online), Vol. 5 No. 2, (www.journal.umpalangkaraya.ac.id, diakses 19 Juli 2020).
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sari, Erna. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Bilangan Bulat Melalui Media Konkret Di SDN 4 Marakuang, (online), Vol. 12 No. , (www.jurnal.binadarma.ac.id, diakses 15 Februari 2020).
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta
Sundaya, Rostina. 2016. Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta
Suryana. 2010. Metode Penelitian Model Prakatis Penelitian Kualitatif dan Kualitatif. Jakarta : UPI Press
Syahruddin. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Two Stray Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V, (online), Vol. 2 No. 1, (www.ejournal.undiksha.ac.id, diakses 15 Februari 2020).
Yuliana, Nurul Dwi. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II Sekolah Dasar Negeri Babelan Kota 06 Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi, (online), Vol. III No. 1, (www.journal.unismabekasi.ac.id, diakses 15 Februari 2020).

File Tambahan

Diterbitkan

2021-08-23