PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Abstrak
Penelitian ini berdasarkan permasalahan yang ditemukan di sekolah yaitu, LKPD yang digunakan pendidik belum berbasis karakter, materi yang disajikan pendidik dalam LKPD masih kurang dipahami oleh peserta didik sehingga kurangnya minat belajar peserta didik, dan dalam memecahkan soal dalam LKPD belum jelas dipahami oleh peserta didik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengembangan LKPD menggunakan Berbasis Karakter serta mengetahui validitas, kepraktisan dan efektifitas LKPD Berbasis Karakter yang valid. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Ada 4 tahapan dalam penelitian ini yaitu tahap pendefinisian (define) menganalisi hal-hal yang perlu dilakukan, yaitu analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisi peserta didik. Tahap perancangan (design) yaitu merancang produk LKPD berbasis karakter khususnya Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 3 dan 4. Tahap pengembangan (development) tahap pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk akhir setelah melalui proses validasi dan revisi. Selanjutnya tahap penyebaran (disseminate) dilakukan untuk mempromosikan produk pengembangan agar bisa diterima pengguna baik individu maupun kelompok, namun hanya bisa dilakakun dalam jumlah yang terbatas karena disebabkan oleh pandemi Teknik pengumpulan data terdiri dari lembar validasi dan lembar Praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis Karakter yang di kembangkan sudah valid. Hal ini terbukti dari hasil perolehan skor lembar validasi oleh ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 95 %, hasil validasi ahli bahasa diperoleh sebesar 87,5 % dan hasil validasi ahli desain diperoleh rata-rata 86,4 % dengan kriteria valid. LKPD berbasis Karakter ini juga sudah praktis menurut peserta didik. Hal ini terbukti dari hasil rata-rata perolehan skor angket praktikalitas oleh 5 orang peserta didik sebesar 83,6 % dengan kriteria sangat praktis. Dari hasil validasi yang diberikan oleh validator dan angket praktikalitas peserta didik membuktikan bahwa LKPD berbasis Karakter pada pembelajaran tematik terpadu kelas II SDN 13 Seberang Padang Utara sudah dinyatakan valid dan praktis untuk dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Referensi
Jannah, Raudhatul, Jannah. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Mobile Learning dengan Menggunakan Adobe Flash Cs 6 siswa kelas XI MAN 2 padang. Natural Science Journal. Vol 3 No 2. September 2017
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Kemendikbud. 2016. Permendikbud No 22 tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud
Kemendiknas. Pendidikan Karakter Bangsa. Dalam Perpustakaan. Kemdiknas.go.id/download/Pendidikan Karakter.pdf. diakses 22 Mei 2014.
Mulyatiningsih, Endang. 2019. Motode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta : Yogyakarta
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.