PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ade Irma Suryani Stkip adzkia
  • Silvira Afriyanti
  • widya

Keywords:

Kata kunci:LKPD,Think Pair Share (TPS), Tematik Terpadu.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yaitu dalam proses pembelajaran di SD N 04 Rantih masih menggunakan LKS belum menggunakan LKPD yang dikembangkan oleh pendidik. LKS yang digunakan belum berbasis model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktifitas belajar peserta didik.Proses pembelajaran masih berlangsung secara pasif dimana peserta didik hanya mendengarkan apa yang disampaikan pendidik sehingga menurunnya aktivitas peserta didik dalam belajar. Peserta didik juga kurang berkeinginan untuk berkerja sama dan kurang saling bertukar pikiran dengan teman sekelas.Berdasarkan hal tersebut dikembangkan LKPD berbasis model Kooperatif tipeThink Pair Share (TPS). Model Kooperatif tipeThink Pair Share (TPS) merupakan suatu model pembelajaran yang mengajarkan peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis model Kooperatif tipeThink Pair Share (TPS) yang valid, dan praktis. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development) dan penyebarluasan (dissemination). Berdasarkan hasil validasi LKPD berbasis model Kooperatif tipeThink Pair Share (TPS) pada pembelajaran tematik terpadu menyatakan LKPD ini sangat valid dengan persentase validasi 91,65%, dari hasil uji praktikalitas menyatakan sangat praktis dengan persentase 91,17% bagi pendidik dan 93,51% bagi peserta didik. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis model Kooperatif tipeThink Pair Share (TPS)pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar sudah sangat valid dan praktis.

References

Isjoni. 2013. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Kurniasari, Elisabet Febrian dan Eunice Widyanti Setyaningtyas. 2017.
Peningkatan hasil belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) dengan Teknik GalleryWalk. Journal of Education Research and Evaluation. Vol. 1.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.ph p/JERE/article/viewFile/10074/ 6405.
Pada tanggal 19 Maret 2018.

Lestari, Lasmi Dkk. 2018. Validitas dan Praktkalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)Materi Kingdom Plantae Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP)
Mulyatiningsih, Endang.2019.Metode Penelitian Terapan Bidang

Pendidikan. Yogyakarta :Alfabeta cv.
Prastowo, Adi. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press: Yogyakarta.
Rudiyanto, Oktavia Sulistina dan Darsono Sigit. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Aktivitas Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMAN 6 Kota Malang Tahun Pelajaran 2012- 2013 Pada Materi Reaksi Redoks. http://jurnalonline.um.ac.id/data/artikel
/artikelA662FA1

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2014. Yogyakarta : Ar –Ruzz Media
Sugiono. 2017. Metode Penelitian pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D. Bandung : Alfabeta.
Taufik Taufina&Muhammadi. 2011. Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang : Sukabina Press

Additional Files

Published

2021-08-23