NILAI-NILAI PEDULI SOSIAL DALAM KURIKULUM AL ISLAM KEMUHAMMADIYAH DAN BAHASA ARAB STUDI MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SMA/SMK
Kata Kunci:
Social Concern, Curriculum, MoralsAbstrak
Bahwasanya perkembangan zaman anak-anak remaja sekarang sangat mengabaikan nilai kepedulian sosial pada era pandemi covid-19 ini. Oleh karena itu sebagai guru dan orang tua sebaiknya menasihati dan mendidik untuk saling peduli dan merubah akhlak mereka untuk menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penelitian kualitatif dengan pendekatan kajian Pustaka (library research) menggunakan teknik pengumpulan data atau Dokumen yang peneliti lakukan terhadap buku-buku, jurnal, artikel, skripsi, dan lain sebagainya yang relevan dengan penelitian ini. Data-data tersebut, kemudian dianalisis guna menjawab permasalahan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa: (1) Dalam memberikan pendidikan, kepada siswa harus memiliki pedoman yang patut di contoh oleh siswa: (2) perlu adanya pemahaman terhadap penanaman nilai kepedulian social dalam kurikulum Al-Islam Kemuhamdiyahan dan Bahasa Arab dan akhlak para siswa yang diterapakan dalam kehidupan sehari-hari: (3) Bagaimana manfaat dan menerapkan nilai-nilai peduli sosial terhadap pendidikan nilai-nilai karakter pada era pandemi covid 19.
Referensi
Kurikulum Ismuba Tahun 2012-2013 Untuk SMA/SMK/MA Muhammadiyah D.I.Yogyakarta, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Miftah Zainul, Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Bimbingan & Konseling’Surabaya: Gena Pratama Pustaka, 2011
Munir Abdullah, Pendidikan Karakter Membangun Karakter Sejak Dari Rumah, Yogyakarta: Pedagogik, 2010
Suyadi, Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013)
Wibowo, Agus, Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012).
Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter, (Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011)
Sutarman, “The implementation of holistic education in Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta’’ Dinamika Ilmu, vol. 17, no. 2, 2017.