Pengembangan Media Pembelajaran MUTA (Monopoli Ular Tangga) dalam Pembelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat

Authors

  • Herlin Fajriah Universitas Riau
  • M. Jaya Adi Putra Universitas Riau
  • Syahrilfuddin Universitas Riau

Keywords:

Penelitian Pengembangan, Media Pembelajaran, Operasi Hitung Bilangan Bulat

Abstract

This research is a development research to produce learning media in the form of MUTA (monopoly snake and ladder) game on integer arithmetic operations using the guessing method. The purpose of this development research is to develop a media game "MUTA" which is valid to be used as a medium for learning Mathematics for grade IV elementary school students in learning materials for multiplication and division counting operations. This type of research is development research using a 4-D model (define, design, development, and dissemination). The results of this study were obtained from the results of product feasibility validation from media expert validators and media content expert validators which stated that the "MUTA" game media product as a Mathematics learning medium for elementary school students developed by the researcher was very valid to be used with an average percentage gain. from media expert validators by 91.66% and content expert validators by 85%. For the teacher response test, the average percentage was 92.86% with a very decent category. To test the student's response to the "MUTA" game media product, it was done by giving a student response questionnaire sheet to 8 fourth grade students. From the results of the student response sheets that were distributed, an average percentage of 90.70% was obtained with the acquisition of a very decent category.

References

Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 1 (1).
Amalia, D., & Wahyudi, I. 2019. Matematika 4. Jakarta: Dar El Ilm Li Awlad Publishing.
Anugrahana, A. (2020). Analisis Kesalahan Matematika Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal SIGMA, 5 (2).
Azizah, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Muvizu di Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal JKPM, 1 (2).
Batubara, H. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/MI . Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3 (1).
Darajati, P. (2016). Pengembangan Media Diorama Lingkungan (Dolan) sebagai Media Pembelajaran IPS Kelas III SDN Tahunan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5 (4).
Depdiknas. (2003). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan untuk Sekolah Dasar/MI. Jakarta: Depdiknas.
Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3 (1).
Fahrudy, A. (2019). “Pengembangan Media Ular Tangga Dengan Modifikasi Permainan Monopoli Muatan Pembelajaran IPS Kelas V A SD Negeri Petompon 02 Semarang”. Skripsi. FKIP, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Fatimah, D., Murtono,. & Su’ad. (2020). Pengembangan Media Katela untuk Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa 2 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pengembangan dan Pendidikan, 4 (3).
Ferryka, P. Z. (2017). Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Magistra, 29 (100).
Harfi, Y. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Operasi Hitung di Kelas II SD Negeri 22 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 4 (1).
Harususilo, Y. E. (2019). Skor PISA Terbaru Indonesia, Ini 5 PR Besar Pendidikan pada Era Makarim. https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/04/13002801/skor-pisa-terbaru-indonesia-ini-5-pr-besar-pendidikan-pada-era-nadiem-makarim?page=all (akses 25 Mei 2020)
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9 (1).
Karim, A. (2017). Pengaruh Metode Mencongak Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2 (2).
Kartika, Y.D. (2014). “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungan Ekonomi untuk Pembelajaran IPS Kelas VII SMP”. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Kristiyono, H. (2008). Mahir Perkalian dan Pembagian Bilangan Dasar Melalui Metode Permainan Kartu. Jurnal Pendidikan Penabur, 6 (10).
Mufliha, S. E., dkk. (2019). Penanaman Karakter Jujur melalui Media Ular Tangga Karakter pada Anak Usia Pendidikan Dasar. In Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional "Penguatan Karakter Bangsa Melalui Inovasi Pendidikan di Era Digital”ISBN 2654-18670.
Muharni. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi pada Materi Penggolongan Hewan : Studi Kelayakan Di Kelas III SDIT Diniyah Pekanbaru. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Riau, Riau.
Muhson, A. (2010). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8 (2).
Mursalin. (2016). Pembelajaran Geometri Bidang Datar di Sekolah Dasar Berorientasi Teori Belajar Piaget. Jurnal Dikma, 4 (2).
Permana, E. P. (2015). Pengembangan Media Pembejaran Boneka Kaus Kaki untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 1 (1).
Permendikbud No 59 Tahun 2014. Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud.
Sarmiyati, Y., Ikhsan, M., & Zubainur, C. M. (2018). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian. Jurnal Elemen, 4 (1).
Setiyaningsih, G., & Syamsudin, A. (2019). Pengembangan Media Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9 (1).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Suherman, E, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.
Utami, R. E. (2014). Analisis Kesulitan Siswa Kelas 2 Sd Pada Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Cacah. Jurnal Edutama, 1 (1).
Wahyuningtyas, Tri. (2015) Penggunaan Media Mobil Mainan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5 (1).
Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Yulianto, I. M. (2017). Pelajaran Matematika 3 untuk Tingkat Dasar. Yogyakarta: Attuqa.

Additional Files

Published

2022-04-21