ANALISIS TEORI KOGNITIF JEAN PIAGET TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sasmi N Stkip Adzkia
  • Habib Khalilur Rahman UIN Sunan Kalijaga

Keywords:

Jean Piaget, Teori Kognitif, Perkembangan Bahasa

Abstract

Kemampuan bahasa pada anak memiliki peran sangat penting di dalam kehidupannya, dengan berkembangnya
kemampuan bahasa, akan memudahkan anak untuk mengenal berbagai macam hal yang ada di lingkungan
sekitarnya. Dalam proses pembelajaran kemampuan bahasa anak juga akan berpengaruh terhadap
berlangsungnya pembelajaran, semakin baik kemampuan bahasa anak dapat menciptakan suasana belajar yang
lebih efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (Library Research) dengan
pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian salah satu teori dalam perkembangan bahasa adalah teori
perkembangan kognitif. Tokoh dari teori perkembangan kognitif adalah Jean Piaget. Menurut Piaget anak
mampu melakukan adaptasi serta mengartikan setiap kejadian-kejadian yang ada sekitar anak. Anak akan
mempelajari setiap kejadian yang ada baik itu dari ciri ataupun fungsi dari obyek-obyek yang dilihat atau
ditemukannya. Anak juga akan mengetahui dan mempelajari perbedaan dan serta persamaan dari setiap obyek
dengan cara mengelompokkan obyek-obyek tersebut. Tahapan perkembangan pada anak menurut Jean Piaget
yaitu tahap Sensori Motor, tahap Praoperasional, tahap Operasional Konkret dan tahap Operasional Formal.
Anak usia sekolah dasar mengalamai 2 tahap perkembangan, yakni tahap perkembangan operasional konkrit
yang dialamai oleh anak berusia 7 hingga 11 tahun dan tahap operasional formal yang dialami oleh anak
berusia 11 hingga 12 tahun. Perkembangan bahasa anak juga dipengaruhi oleh banyak hal, seperti lingkungan,
pergaulan, akses komunikasi dan lain sebagainya. Untuk menghasilkan generasi yang bisa menggunakan
bahasa dengan baik, diperlukan bimbingan dan perhatian yang lebih semasa anak dalam masa perkembangan
karena kedewasaan bahasa pada pertumbuhan dan perkembangan anak juga dipengaruhi oleh lingkungan
sekitarnya

References

Adriana, Iswah. 2008. “Memahami Pola Perkembangan Bahasa Anak Dalam Konteks Pendidikan.” Jurnal
Tadris 3 (1): Hlm. 1-15.
Alfiana Dkk. 2020. Perkembangan Bahasa Anak : Analisis Komunikasi Siswa. 1(2), 66–69.
Https://Doi.Org/10.37251/Jber.V1i2. 86
Allen, K. Eilee Dan Lynn R. Marotz. 2010. “Profil Perkembangan Anak: Prakelahiran Hingga Usia 12
Tahun”. Jakarta: Indeks.
Bujuri, Dian Andesta. 2018. “Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar Dan Implikasinya Dalam
Kegiatan Belajar Mengajar”, Jurnal LITERASI, Volume IX, No. 1
Helti, Yulia. 2012. “Karakteristik Perkembangan Bahasa Anak Sd Dalam Berkomunikasi.” Jurnal Pendidikan
Bahsa Dan Sastra Indonesia 1 (1): Hlm. 1-30.
Julrissani. 2020. Karakteristik Perkembangan Bahasa Dalam Berkomunikasisiswa Sekolah. Edumaspul, 4(1),
72–87.
Latifa, Umi. 2017. “Aspek Perkembangan Pada Anak Sekolah Dasar: Masalah Dan Perkembangannya.”
Jurnal Of Multiciplenary Studies 1 (2): Hlm. 185- 196.
Masganti. 2012. “Perkembangan Peserta Didik”. Medan: Perdana Publishing.
Mifroh, Nazilatul. 2020. “Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implementasinya Dalam
Pembelajaran di SD/MI”. Jurnal Pendidikan Tematik.
Riksa, Yusi. 2009. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Dirjen Pendis Depag RI.
Safri Mardison. 2016. “Perkembangan Bahasa Anak Usia Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI)”
Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, Volume Vi Edisi 02 2016, Hlm 635-643
Sari, Ika Fadilah Ratna. 2018. “Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah Pada Permendikbud Nomor 23 Tahun
2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti.” Al- Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 10 (1): 89–100.
Https://Doi.Org/10.14421/Al- Bidayah.V10i1.131.
Sugiyono. 2016. “Memahami Penelitian Kualitatif”. Cet. Ke-12 Bandung: Alfabeta
Surna, Nyoman, I., & Pandeirot, D, O. (2014). Psikologi Pendidikan 1 (A. Maulana, Ed.). Jakarta: Erlangga.
Taufiqurrahman, Safikri. 2019. “Analisis Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dasar Dalam Proses
Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan PIONIR.
Yusuf, Syamsu. (2006). “Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja”. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zed, M. 2014. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Additional Files

Published

2022-04-21