STUDI LITERATUR MODEL TWO STAY TWO STRAY PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Studi Literature, Model Two Stay Two Stray.Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya literature review yang membahas tentang model two stay two
stray, dan kurangnya pemahaman mengenai model two stay two stray. Serta referensi yang kurang
meyakinkan pendidik dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini menganalisis penerapan model
two stay two stray serta efek dari model two stay two stray pada pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif berupa studi literature (literature review) atau tinjauan studi pustaka.
Penelitian ini mengkaji lebih dalam penerapan model two stay two stray pada pembelajaran di sekolah dasar.
Berdasarkan studi literature yang telah dilakukan terhadap 20 jurnal penelitian mengenai penerapan model
two stay two stray di sekolah dasar, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model two stay two stray
banyak digunakan di kelas tinggi sekolah dasar, dan penerapannya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia
(5%), IPS (25%), PKN (5%), Matematika (20%), IPA (40%) dan Tematik Terpadu (5%) serta memberikan
pengaruh yang positif terhadap pembelajaran di sekolah dasar yaitu dengan meningkatnya hasil belajar peserta
didik (80%), meningkatkan aktifitas belajar (5%), keterampilan belajar (5%), meningkatkan pemahaman
konsep (5%) dan meningkatkan kemampuan public speaking peserta didik (5%). Dari hasil penelitian juga
terbukti bahwa model two stay two stray dapat dikategorikan cocok diterapkan pada pembelajaran di sekolah
dasar dan efektif dilakukan pada kelas tinggi di sekolah dasar.
Referensi
Daniel, Wolo. 2017. Penggunaan Model Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta
Didik. Vol 1. Dinamika Sains, 2017.
Huda, Miftahul. 2017. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Juniantari dan Kusmariyatni. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray
Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA. Indonesia: Jurnal Ilmiah Sekolah Dsar,
Vol. 3 No. 3 Tahun 2019.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.