ANALISIS VALIDITAS INTRUMEN LKPD MENGGUNAKAN MODEL CIRC PADA KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DI KELAS VI SD

Authors

  • ade irma suryani Universitas Adzkia

Keywords:

Analisis, Validitas, Model CIRC, Membaca, Pemahaman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan intrumen mengembangkan lembar kerja peserta
didik (LKPD) menggunakan model cooperative integrated reading and composition (CIRC) pada materi
keterampilan membaca pemahaman di kelas VI SD. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif
kuantitatif yaitu untuk mengetahui kelayakan instrumen pembelajaran yang dikembangkan. Instrumen
pembelajaran yang dinilai yaitu instrumen validitas LKPD menggunkan model cooperative integrated reading
and composition (CIRC) pada materi keterampilan membaca pemahaman di kelas IV SD yang nilai oleh para
ahli yang merupakan pakar dibiadangnya seperti validasi design produk, materi, dan soal. Adapun hasil
analisis validitas yang beberapa kali divalidasi oleh para ahli secara keseluruhan dinyatakan validi dengan
nilai (1) Validasi design, data hasil uji validasi ahli design memperoleh skor rata-rata 3,92 dengan kriteria
sangat valid. (2) Validasi materi, data hasil uji validasi ahli materi memperoleh skor nilai 3,86 dengan kriteria
sangat valid. (3) Validasi soal, data hasil uji validasi soal memperoleh skor rata-rata 3,93 dengan kriteria
sangat valid. Sehingga dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa instrumen LKPD menggunakan model
CIRC dikatakan valid untuk digunakan pada materi membaca pemahaman di kelas IV SD.

References

Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian. Jurnal Theorems (the Original
Research of Mathematics), 2(1), 28–36
DepDiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas
Istarani. 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Khasanah dan Cahyani, 2016.Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman
Madona, A. S., & Nora, Y. (2016). PENGEMBANGAN MODUL IPS BERBASIS MULTIMEDIA
INTERAKTIF UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Pelangi, 8(2), 221–
228.
Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurhidayah,Mulyasari dan Robandi. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC
Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman. upi.edu. No. 4. Volume 2
Nadzifah, Wening. 2016. Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Metode
SQ3R Siswa Kelas IV SD N KATONGAN I.PGSD uny. No. 28.Volume 5.
Prasetyo, Bambang. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah, H. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur
Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas Viii Smp.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 60–65.
https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.60-65
Retnawati, H. (2016). Heri Retnawati 9 786021 547984.
Santosa, Puji. 2008. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta:Penerbit
Universitas Terbuka.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inoatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz
Media.

Additional Files

Published

2022-04-21