PENGARUH KEBIASAAN BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Sisri Wahyuni Universitas Adzkia
  • Saski Yenika Universitas Adzkia

Kata Kunci:

game online, hasil belajar, peserta didik.

Abstrak

Latarbelakang penelitian ini adalah seringnya ada saat ini anak menggunakan android sementara pemantauan
orangtua tidak begitu besar. fitur dan strategi permainan yang menyenangkan menimbulkan banyak sekali
siswa yang bermain game online ketika pulang sekolah, waktu belajar, waktu makan dan beribadah. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game online terhadap hasil belajar siswa Di SD. Jenis penelitian
yaitu korelasional, expostfacto, experiment, dan quasy experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh
peserta didik kelas V SD. Sampel siswa kelas V sebanyak (30 orang). Pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah menggunakan angket berupa 16 butir pernyataan , data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan
uji t. Berdasarkan analisis data maka diperoleh hasil uji hipotesis dengan uji-t dan menunjukkan thitung=
2,766 dan ttabel= 1,987 hal ini menunjukkan terdapat pengaruh positif antara Game Online terhadap Hasil
belajar Siswa. Dengan menggunakan uji satu arah maka HO ditolak dan H1 diterima jadi dapat disimpulkan
hipotesis ada pengaruh positif antara Game Online terhadap Hasil belajar Siswa dapat diterima. Hasil
signifikansi sebesar 0.010 < 0.05 ini menggambarkan terdapat pengaruh yang signifikan antara Game Online
terhadap hasil belajar Siswa.

Referensi

Fera, F., & Purwanto, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Game Online Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa
Geografi Di Kabupaten Sambas. Geo Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Geografi dan Pariwisata, 1(1), 2028.
Kurniawan. (2017). “Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik
Pada Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling. Universitas Pgri Yogyakarta”. 1-8
Mahfuz, M. (2021). Pengaruh Game Online Terhadap Hasil Belajar Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Hulu
Sungai Selatan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).
Mardianto. 2012. Psikologi Pendidikan. Medan : Perdana Publishing.
Riki, 2011. “Pengaruh game online Terhadap Perilaku Remaja”. 1-13
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

File Tambahan

Diterbitkan

2022-04-21