PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA DI KELAS IV SDN 10 SUNGAI SAPIH PADANG KECAMATAN KURANJI
Kata Kunci:
Penelitian eksperimen, media gambar, dan menulis deskripsiAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis deskripsi siswa kelas IV SD, siswa
hanya disuruh menulis deskripsi tanpa ada dorongan dari guru serta tidak menggunakan media sebangai
pendukung dalam proses pembelajaran. Maka diperlukan media pembelajaran yang kreatif, efektif dan
menyenangkan agar dapat membuat siswa lebih bersemangat dan termotivasi untuk merangsang keterampilan
siswa dalam menulis deskripsi adalah dengan menggunakan media gambar. Dengan demikian media gambar
akan memudahkan siswa. Penelitian eksperimen yang digunakan adalah penelitian Quasi Experimental
Design. Bentuk Quasi instrumental design yang peneliti gunakan Pretest-Posstest Control Group Design
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV semester II SDN 10 Sungai Sapih Kec Kuranji
Pengambilan sampel dilakukan dengan keseluruhan dari populasi (sampel jenuh) yaitu kelas IVB sebagai
kelas eksperimen dan kelas IVC sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 34 siswa dan kelas
kontrol berjumlah 31 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
gambar adalah soal tes. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan media gambar dalam
keterampilan menulis deskripsi sedangkan kelas kontrol tanpa menggunakan media gambar. Berdasarkan hasil
posttest. Untuk kelas ekperimen diperoleh nilai rata-rata 80,432 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai ratarata
71,813. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai signifikan sebesar
0,000 karena sig. < α maka hipotesis diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
penggunaan media gambar terhadap keterampilan menulis deskripsi di kelas IV SDN 10 Sungai Sapih Padang
Kecamatan Kuranji pada tahun pelajaran 2021/2022.
Referensi
Arief S, Sadiman dkk. (2002). Media pendidikan. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Alwasilah Chaedar, dkk. 2008. Pokoknya Menulis. Bandung: PT. Kiblat Buku Utama
Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika
Aditama
Ahmad, Susanto, Dr. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Perdana Media Group
Arsyad, Azhar, 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Depdiknas. 2012. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.Jakarta: Depdiknas
Henry Guntur Tarigan. (2008). Menulis sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Hasan, Iqbal.M. IR..2003. Pokok-pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferensif). Jakarta: PT. Bumi
Aksara.
Maleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Ros-dakarya.
Novi Resmini dan Juanda. 2007. Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Tinggi. Bandung: UPI
PRESS
Priyatno, Duwi. (2010). Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS.Yogyakarta: Mediakom
Rahayu dan Maman, (2012). Dasar-dasar Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Suryani. 2012. Stategi Belajar Mengajar. Yogyakarta : Ombak (Anggota IKAPI)
Sanjaya, Wina. 2012. Komunikasi dan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Sugiono.2012. Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfsabeta
Sundayana, Rostina. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta
Suryabrata, Sumadi. (2004). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja
Suparno, M. Yunus.2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sadiman, dkk. 2003. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta:
PT. Raja Grafindo Persada.
http://id.wikipedia.org/wiki/Karangan (diakses 11 Februari 2010)